Jam Operasional Toko Modern Ada yang Non Stop, Susanto: Kasihan Warung Kecil


KUNINGAN - Jam operasional toko modern di Kabupaten Kuningan kembali disoal. Kali ini seorang Anggota DPRD Kuningan dari Fraksi PKB, Susanto, mengkritisi adanya toko modern yang dibuka non-stop.

Diketahuinya jam operasional toko modern yang non-stop tersebut, saat Susanto berbelanja di sebuah toko modern yang terletak di Jalan Juanda Kuningan pada Senin (14/09) sore.



"Iya ketika saya tanya jam operasionalnya, karyawan menjawab buka 24 jam, "  sebut Susanto.

Mengetahui hal tersebut, Ia merasa prihatin, karena dengan adanya toko modern yang beroperasi 24 jam, otomatis akan berdampak pada penghasilan pedagang kecil di sekitarnya.

"Jika tak ada regulasi pengaturan jam operasional toko modern ini, kita khawatir denyut ekonomi masyarakat pelaku niaga pasar tradisional dan warung-warung kecil terus melemah, " ucap Susanto.

Seharusnya, imbuh Dia, jika mau memberi kesempatan warga pribumi berusaha, pemerintah wajib mengendalikan jam operasional toko modern.

"Ya pemerintah wajib berada di tengah masyarakatnya dong, idealnya ada pengawasan pada sektor usaha yang diinvestasikan oleh warga luar Kuningan, " tandasnya.

Susanto menyebut, masih banyak usaha kerakyatan yang dilakukan warga pribumi Kuningan yang butuh perhatian pemerintah. Seperti UMKM yang tersebar di seluruh Desa di Kuningan.

"UMKM tersebut juga menyumbang terhadap PAD Kuningan, yang wajib dikembangkan oleh pemerintah melalui dinas terkait, " sebutnya.

Ia juga menyinggung peran pemerintah daerah pada recovery ekonomi masyarakat di masa Pandemi Covid-19. 

"Di masa recovery atau perbaikan ekonomi nyatis tidak ada sama sekali. Kemana kebiakan pemerintah dalam melayani atau mencukupi kebutuhan masyarakat kita," tanya Susanto.

Ia berterus terang, selama dirinya menjabat sebagai wakil rakyat, memang belum faham betul aturan dan kebijakan terkait toko modern di Kuningan.

"Ya, jujur saya tidak tahu. Soalnya dalam rapat kemitraan dan sempat Saya tanya kepada beberapa pejabat, tidak ada yang mengetahuinnya. Ini kan dilematis," ucapnya. 

Seterusnya, Susanto mencontohkan salah satu toko modern milik warga Kuningan, Putra Cimahi, yang beroperasi sesuai aturan.

"Mereka juga merekrut tenaga kerja dari warga sekitar, ini sangat mendukung dalam mengentaskan atau menekan angka pengangguran di Kuningan," kata Susanto lagi.

Di tempat sama, salah seorang karyawan toko modern yang berlokasi di Jalan Juanda Kuningan, Tatang, membenarkan bahwa tempat kerjanya itu beroperasi 24 jam non stop.

"Iya Kang aturan pihak manajemen kami buka 24 jam, " sebutnya. 



Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kuningan, Bunbun Budhiyasa, saat dikonfirmasi menyebutkan memang ada beberapa toko modern yang mendapat ijin jam operasional 24 jam.

"Ada beberapa (toko modern) yang mendapat ijin jam operasional 24 jam, " kata Bunbun saat ditelpon Anggota Dewan Susanto. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.