Kuningan Salah Satu dari 17 Kabupaten/Kota di Jabar Peraih Predikat Kabupaten Sehat

KUNINGAN - Meski berada ditengah pandemi Covid-19 dengan kategori tingkta kewaspadaan zona orange, Kabupaten Kuningan terpilih menjadi salah satu dari 17 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menerima penghargaan Kabupaten Sehat (swasti saba) dari Kementerian Kesehatan RI.

Penyerahan penghargaan berupa piagam, piala dan dana pembinaan sebesar Rp 25 juta (untuk kategori Swasti Saba Wistara), secara simbolis diberikan Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, kepada Bupati Kuningan, Acep Purnama, pada Selasa (29/09/2020) di Pusat Dakwah Islam (PUSDAI), Bandung.


Acara pemberian penghargaan yang digelar  tersebut bertajuk Penyerahan Penghargaan Anugerah Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang hadir dan menerima penghargaan mewakili masyarakat Kabupaten Kuningan, mengaku sangat bersyukur atas pencapaian prestasi di bidang kesehatan ini.

"Alhamdulilah hari ini saya menerima penghargaan Swasti Saba Wistara dimana Kuningan mendapat predikat sebagai Kabupaten Sehat. Tanda penghargaan Swastisaba Wistara untuk Kabupaten Kuningan ini mengartikan Kabupaten Kuningan sudah memberikan yang terbaik, " papar Acep.

Atas capaian itu,  Acep tetap mengajak semua warga Kuningan untuk bisa mempertahankan capaian -capaian yang sudah terukir selama ini.

"Bahkan bila dimungkinkan mari kita tingkatkan lagi, " ajak Bupati.

Selanjutnya Ia mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, semua pemangku kebijakan, sekolah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, industri, dan semuanya yang telah membantu untuk menciptakan Kuningan sebagai Kabupaten Sehat.

"Mari kita tetap istiqomah dalam mempertahkan kuningan sebagai kabupaten yang sehat " ajaknya lagi.

Sekadar informasi, Penghargaan Kabupaten Sehat bernama Swasti Saba ini diberikan atas penilaian Kemenkes RI dan Kemendagri RI yang digelar Pemerintahan Provinsi Jabar melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jabar.

Penilaian prestasi Kabupaten Sehat ini dilihat dari kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas diantara seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.


Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan Swasti Saba kepada 17 kabupaten/kota penerima predikat Swasti Saba di antaranya Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa, Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.

Kemudian untuk Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara.

Upaya seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kuningan sebagai kota sehat menghasilkan Predikat Swasti Saba Wistara. Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.


Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.

Penghargaan yang diberikan berupa piala dan piagam penghargaan, serta dana pembinaan masing-masing sebesar Rp25 juta untuk penerima swasti saba wistara, Rp20 juta untuk penerima swasti saba wiwerda, dan Rp15 juta untuk seluruh penerima swasti saba padapa. (Nars/Rilis)

No comments

Powered by Blogger.