Sebelum Pilkada Serentak, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Kunjungi Situs Keramat Sumur Tujuh di OW Cibulan


KUNINGAN - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Jazilul Fawaid, berkunjung ke Wisata Keramat Sumur 7 Kompleks OW Cibulan, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, pada Selasa (15/09/2020) sore. Kedatangannya didampingi Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar, Muhamad Sidkon DJ, Ketua DPC PKB Kuningan, Ujang Kosasih, dan seluruh anggota Fraksi PKB DPRD Kuningan.

Tiba di lokasi sekira pukul 16:00 WIB, rombongan PKB langsung menuju Obyek Wisata Spiritual Sumur 7 yang terletak di dalam lingkungan OW Cibulan. Jazilul mendapat penjelasan dari pemandu wisata Cibulan terkait keberadaan OW Cibulan beserta fasilitas dan keistimewaannya.



Masuk ke area keramat Sumur Tujuh, Jazilul langsung dipersilakan mengambil air wudhu dari tujuh mata air yang ada di sana. Kemudian rombongan menggelar Sholat Ashar berjamaah di dalam Musholla dan memanjatkan dzikir di lokasi yang diyakini masyarakat setempat sebagai petilasan pertapaan Prabu Siliwangi.

"Kunjungan kali ini kita dalam rangka Roadshow Jawa Barat, dimulai dari Cianjur. Di sini tidak ada agenda politik, Saya hanya menghargai adanya khazanah budaya warga Pasundan dengan bukti adanya petilasan Prabu Siliwangi, " papar Jazilul saat dikonfirmasi KR.

Adanya Sumur Tujuh tersebut, katanya, mungkin warga Jawa Barat sendiri belum mengetahui semuanya. Dijelaskanya, lokasi Sumur Tujuh tersebut memiliki tujuh mata air yang diyakini mempunyai khasiat masing-masing jika berwudhu dan minum airnya.

"Mungkin bagi kaum milenial hal itu disebut mistis, tapi ada spirit yang harus diambil dari sana, bahwa manusia itu harus memiliki tujuh nilai keunggulan jika ingin mencapai kebahagiaan, " ujarnya.

Ia menyebutkan, dari kedatangannya di lokasi yang dikeramatkan tersebut adalah untuk memastikan dan memberi support agar keberadaan sumur tujuh dan obyek wisata Cibulan di Kuningan, bisa memberikan keberkahan bagi masyarakat sekitarnya.

"Saya juga berharap agar ada peningkatan pengelolaan manajemen obyek wisata ini. Cibulan ini adalah anugerah yang sangat besar dan berpotensi besar, jadi harus ada peningkatan manajemennya, cara penerimaan tamunya, dan lain-liannya, " ucap Jazilul.

Sebagai Wakil Ketua MPR RI, Jazilul mengucapkan memiliki tanggungjawab menularkan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat, termasuk mencintai tanah air. 

"Mari kita cintai tanah air, dan memaksimalkan apa yang dianugerahkan alam pada kita dengan menghargai dan melestarikannya, " ajaknya.

Terpisah, Ketua DPC PKB Kuningan, Ujang Kosasih, menyambut baik kedatangan Wakil Ketua MPR RI di Kabupaten Kuningan hari ini. Menurutnya, agenda roadshow Jazilul ke beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat, apalagi menjelang perhelatan pilkada, bisa memberikan support bagi para kader PKB di daerah.

"Kita menyambut baik kedatangan Pak Jazilul, setelah dari sini, kita akan doa bersama di Makam Pangeran Aria Kamuning," ucapnya.

Sebelum pulang, Wakil Ketua MPR RI, Jazilul, menyempatkan diri bercengkrama dengan ikan khas OW Cibulan, Ikan Dewa. Bahkan Ia sempat berfoto saat dicium Ikan yang juga dikeramatkan tersebut.



Untuk diketahui, Obyek Wisata Spiritual Sumur Tujuh yang diyakini sebagai petilasan pertapaan Prabu Siliwangi di OW Cibulan memililki tujuh mata air yang dipercaya memiliki khasiat.

Ketujuh mata air tersebut di antaranya, Ketujuh mata air tersebut antara lain, pertama mata air kejayaan, kedua mata air keselamatan, ketiga mata air pengabulan, keempat mata air kemulyaan, kelima mata air Cisadane (cita-cita), keenam mata air Cirancana dan ketujuh mata air kemudahan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.