Tak Masuk Unsur Pimpinan dalam Reposisi AKD, Dua Fraksi Tak Hadiri Rapat Penetapan


KUNINGAN - Enam dari Delapan Fraksi yang ada di DPRD Kuningan, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Restorasi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi PPP dan Fraksi Demokrat, mengusulkan terjadinya reposisi atau perombakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Proses reposisi AKD tersebut dimulai dari surat usulan 6 Fraksi tersebut, diteruskan dengan Rapat Pembahasan di Badan Musyawarah, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Rapat Paripurna pada Kamis (17/09/2020).

Sementara dua fraksi lainnya, Fraksi Gerindra Bintang dan Fraksi PKB, mengaku tidak tahu adanya rencana perombakan AKD ini. Bahkan dari susunan AKD yang telah diresmikan hari ini, kedua Fraksi tersebut hanya bisa gigit jari, setelah tidak kebagian jatah di pimpinan AKD yang telah dirombak.



"Iya sebelumnya enam fraksi telah mengajukan usulan reposisi AKD ini untuk penyegaran, " ujar Ketua DPRD Kuningan saat dikonfirmasi media, Kamis sore.

Dari pantauan KR di Gedung DPRD Kuningan, saat paripurna penetapan susunan AKD di ruang sidang setempat, kedua fraksi, Gerindra Bintang dan PKB, nampak tidak ikut hadir. Beberapa anggota fraksi tersebut malah melakukan jumpa pers di ruangan wakil ketua DPRD Kuningan, Dede Ismail.

"Kita enggak ikut (paripurna penetapan susunan AKD), toh yang di dalam juga sudah kuorum, " sebut Dede Ismail saat ditanya wartawan.

Berdasarkan rapat paripurna penetapan susunan AKD tersebut, berikut nama-nama anggota DPRD dan fraksinya yang menduduki pimpinan di AKD yang baru:



1. Komisi I 

    Ketua, Saw Tresna Septiani (Fraksi Golkar)

    Wakil Ketua Apang Sujaman (Fraksi.     

    Restorasi PDI Perjuangan)

    Sekretaris H Asril Rusli Muhammad 

    (Fraksi PKS).


2. Komisi II 

     Ketua Rani Febriani (Demokrat)

     Wakil Ketua H Udin Kusnedi (Fraksi PAN)

     Sekretaris H Chartam 

     (Fraksi Restorasi PDI Perjuangan)


3. Komisi III

     Ketua: Dede Sudrajat (Fraksi PKS)

     Wakil Ketua: H Toto Hartono 

     (Fraksi Demokrat)

     Sekretaris H Momon Suherman 

     (Fraksi PPP)


4. Komisi IV 

     Ketua Tresnadi

     (Fraksi Restorasi PDI Perjuangan) 

     Wakil Ketua H Janto Badrijanto 

     (Fraksi Golkar) 

     Sekretaris H Uba Subari (Fraksi PAN)


5. Badan Pembentukan Peraturan Daerah 

    (Bapemperda)

     Ketua H Nunung Sanuhri (Fraksi PAN)    

     Wakil Ketua Yaya (Fraksi PKS)


6. Badan Kehormatan (BK)

    Ketua dr Toto Taofikurahman (Fraksi PPP)

    Wakil Ketua H Purnama 

    (Fraksi Restorasi PDI Perjuangan). 




Meski tak berada dalam unsur pimpinan AKD, baik Ujang Kosasasih (Ketua DPC PKB Kuningan), maupun Dede Ismail (Ketua DPC Gerindra), mengaku tidak kecewa atas reposisi AKD yang terjadi.

"Enggak lah, masa harus kecewa, reposisi AKD ini kan ada aturannya dan memang sudah sesuai dengan Tatib kita, " kata Ujang.

Sementara, Dede Ismail, saat dimintai tanggapan, menjawab dengan penuh senyum.

"Kita biasa di oposisi, dan akan tetap konsisten memperjuangkan keinginan masyarakat di gedung ini. Saat dengar akan ada Reposisi AKD dan kami sebelumnya memang tidak tahu, justru Saya sempat sujud syukur tadi," kata Deis, sapaannya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.