Tiga Nakesnya Terpapar Korona, Puskesmas Cigandamekar Tutup Tiga Hari Mulai Senin (07/09) Besok

Puskesmas Cigandamekar, Kabupaten Kuningan

KUNINGAN - Crisis Center Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan merilis ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 11 orang pada Ahad (06/09/2020). Tiga orang diantaranya yang dinyatakan terpapar tersebut adalah tenaga kesehatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Susi Lusiyanti,  mengatakan penambahan 11 kasus baru itu berasal dari swab massal serta hasil tracing kasus-kasus sebelumnya.


Ditanya soal 3 orang nakes yang terpapar, Susi menyebut, mereka adalah pegawai dari Puskesmas Cigandamekar yang diketahui hasil konfirmasi positif berdasar swab yang dilakukan sepuluh hari ke belakang.

"Karena adanya tiga orang nakes di Puskesmas Cigandamekar yang positif itu, maka Kami mengeluarkan kebijakan untuk menutup puskesmas selama tiga hari,  terhitung mulai Senin (07/09) sampai dengan Rabu (09/09)," kata Susi.

Terpisah, juru bicara Crisis Center Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, juga mengiyakan terkait rencana penutupan pelayanan Puskesmas Cigandamekar mulai Senin besok.

"Iya, karena tiga nakes di sana diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab massal terhadap nakes beberapa waktu lalu, " ujar Agus, Ahad (06/09) sore.



Penutupan Puskesmas Cigandamekar, imbuhnya, adalah upaya dekontaminasi atau sterilisasi lingkungan puskesmas dari kemungkinan menempelnya virus. 

Dari rilis angka kasus Covid-19 yang diterima KR, Ahad siang, tercatat total angka terkonfirmasi positif Covid-19 ada sejumlah 146 orang. Dengan rincian 108 selesai pengawasan (discarded), 4 orang meninggal dan 34 orang masih dalam karantina. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.