Melalui Program Jaksa Masuk Sekolah, Kaum Milenial Jadi Waspada dan Melek Hukum

KUNINGAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuningan memiliki program memberikan pembinaan dan pendidikan pada masyarakat agar melek hukum. Salah satu program tersebut adalah Jaksa Masuk Sekolah (JSM), yang terus digelar guna menyiapkan generasi muda yang sadar hukum.

"Ini merupakan program rutin tahunan yang diadakan di lingkungan sekolah, " terang  Kasi Intel Kejari Kuningan, Mahardika Rahman, di sela kegiatan JMS yang digelar di SMAN 3 Kuningan, pada Jum'at (02/10/2020).



Dijelaskannya, program JMS, bertujuan untuk menyiapkan generasi sadar hukum di usia sedini mungkin, yaitu dengan memberikan pemahaman dan wawasan kepada siswa tentang tindakan yang negatif  yang bisa di bawa ke ranah hukum. 

Di depan para peserta JMS, Mahadika memaparkan berbagai tindakan negatif yang bisa dibawa ke ranah hukum yang akhir-akhir ini marak akibat munculnya media sosial dan telepon pintar.

Tindakan negatif tersebut di antaranya adalah berupa Cyber Bulying, atau intimidasi dunia maya.



"Contohnya seperti melakukan panggilan telepon yang diputus langsung (missed call) berulang-ulang,  mengirimkan pesan yang berupa ancaman,  menyebar gosip yang tidak menyenangkan lewat jejaring sosial,  dan pencurian identitas melalui online. 

" Ada lagi, kejahatan dunia maya lainnya, seperti  berbagi gambar pribadi tanpa izin, dengan mengunggah informasi atau video pribadi tanpa izin,  membuat meme/blog berisi keburukan seseorang, " imbuhnya.

Kejahatan dunia maya tersebut, menurutnya, perlu diketahui oleh generasi millenial. Karena tindakan seperti itu bisa merugikan mereka.

Bila terjadi cyber bullying, ujar Mahardika, bisa berhadapan dengan hukum.

"Kami pun memberikan paparan tentang penyalahgunaan narkoba, bullying,  kekerasan seksual, penyimpangan pemanfaatan media sosial pada para siswa, " kata Dia.

Terpisah, Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Kuningan,  Kanda, menyambut baik digelarnya program JMS di sekolahnya.

"Agar menambah wawasan para siswa untuk lebih mengerti hukum. Disamping itu bisa  memberikan pengetahuan tentang taat hukum, " sebutnya.

Terpantau, saat JMS berlangsung, terlihat antusiasme peserta  yang terdiri dari siswa-siswi SMAN 3 Kuningan itu, sangat tinggi.

Mereka menyimak dengan seksama dan banyak terlibat saat sesi tanya jawab seputar materi yang disampaikan.



Salah seorang peserta JMS, Citra, menanggapi bahwa Program JMS bagus dalam memberikan wawasan hukum bagi kaum milenial.

"Menurut Saya, JMS ini bagus ya, dengan pemahaman tentang hukum, kita jadi bisa lebih waspada saat berkegiatan di dunia maya, maupun dalam pergaulan sehari-hari, " sebutnya, yang karena keaktifannya saat JMS digelar, Ia mendapatkan merchandise dari pihak Kejari Kuningan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.