Ratusan Santri Husnul Khotimah Dipulangkan, Penambahan Kasus Positif, pada Jumat (02/10) Sebanyak 62 Orang

KUNINGAN - Pihak Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana sudah mulai memulangkan sejumlah santri. Meski, setelah dilakukan swab massal selama hampir sepekan di Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, jumlah penghuni Ponpes yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. 

Jika sebelumnya tercatat ada 93 orang penghuni Ponpes yang terpapar, per-hari ini, Jum'at (02/10/2020), diinformasikan jumlahnya bertambah sebanyak 62 orang.



"Iya, dari hasil swab massal beberapa hari ini, ada penambahan 62 kasus terkonfirmasi positif di Klaster Ponpes Husnul Khotimah. Dan ini sudah kami publikasikan baik ke media maupun ke pihak Satgas Penanganan Covid-19, " ungkap Jubir Satgas Covid-19 Kuningan, Indra Bayu, kepada media pada Jum'at siang.

Selama tes swab yang dilakukan secara bertahap, sudah dilakukan pada 1800 orang, imbuhnya, diharapkan tidak ada lonjakan kasus positif. Namun pada hasilnya ternyata masih ada penambahan.


Terpisah, mantan Kalak BPBD Kuningan, yang juga Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kuningan, menambahkan bahwa total warga Ponpes yang terpapar hingga saat ini tercatat dari awal ada sejumlah 155 penghuni.

" Sementara untuk santri yang pada tahap awal ada positif saat ini sudah dinyatakan sembuh sekira 30 orang, " ujarnya.

Pihaknya mengatakan, saat ini masih diupayakan pemulangan santri yang sembuh dan yang sehat dari pondok. Upaya tersebut sudah dikonsultasikan dengan pihak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Tim Kesehatan Provinsi Jabar, dan sesuai arahan Wakil Gubernur Jabar saat meninjau pelaksanaan swab massal beberapa hari lalu.



Diinformasikan, hari ini ada pemulangan santri HK sejumlah 240 orang ke alamatnya masing-masing.

Untuk data kasus tetkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kuningan, per Jum'at (02/10/2020), total kasus ada 402 orang, dengan rincian, 159 discarded, 11 meninggal dunia dan 232 kasus masih karantina/isolasi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.