LTQ Al Umaro Desa Manislor, Kuningan, Cetak Generasi Qur'ani


KUNINGAN - Lembaga Tahfidz Qur'an Al Umaro, Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, merupakan lembaga non formal yang bergerak dalam bidang pendidikan berbasis Al-Qur'an. 

Dalam membentuk generasi dan masyarakat madani yang berilmu serta berakhlakul karimah, LTQ Al Umaro telah melaksanakan beberapa program yang mendapatkan respon baik dari orang tua dan berbagai kalangan.



Program tersebut diantaranya adalah Mukhoyam Qur'an, Rumah Tahfidz Qur'an (RTQ) pra kuliah, RTQ lil athfal dan Kajian Parenting Islami (KPI) untuk orang tua. 

Direktur LTQ Al Umaro, Ust Denny Pratama S.Pdi Al Hafidz, kepada KR, Senin (09/11/2020) menyebutkan bahwa sebagian besar alumni LTQ Al Umaro telah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an 30 juz dan melanjutkan ke perguruan tinggi favorit di dalam dan luar negeri.

"Untuk menambah semangat para penghafal Al-Qur'an, Kami memberikan apresiasi kepada para santri yang memperoleh hafalan terbanyak setiap bulannya, " ujar Denny.

Beberapa santri yang saat ini telah memperoleh hafalan Qur'an terbanyak yang diberi apresiasi, disrbutkannya, adalah Meiliana asal Cilacap, Andrea Az Zahari asal Majalengka, dan Maryam asal Kuningan yang memperoleh hafalan Qur'an terbanyak pada bulan oktober yaitu 7 Juz.

Setelah sukses dengan program yang telah dilakukan, kini Al Umaro membuka program Sekolah Qur'an untuk tingkat SMP/Mts dan SMA/MA. Program ini resmi dibuka pada awal bulan Juli 2020 bersamaan dengan Program RTQ Pra Kuliah angkatan 4.

"Al Umaro juga menyertakan Program Life Skill sebagai penyempurna programnya. Kegiatan life skill seperti pelatihan bahasa, pelatihan memasak berbagai jenis makanan, pelatihan membuat kerajinan tangan (handmade), dan pelatihan berkebun, " paparnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah potensi, kreatifitas dan keterampilan santri agar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan juga menghasilkan produk yang bermanfaat serta mempunyai nilai jual. 

"Selain itu kami bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar untuk mempersiapkan santri Pra-Kuliah siap dan sukses dalam mengikuti tes Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun luar negeri, " imbuhnya.



Kesuksesan pelaksanaan berbagai program di LTQ Al Umaro, ucapnya, juga ditunjang dari optimalisasi Asatidz dan Ustadzat dalam membimbing para santri.

"Dukungan orangtua yang banyak juga merupakan wasilah kesuksesan program di LTQ Al-Umaro, " pungkasnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.