Sebagian Warga Rasakan Gempa M 3,1 - Ini Himbauan BPBD


KUNINGAN - Sebagian warga Kuningan di beberapa wilayah merasakan terjadinya guncangan gempa berkekuatan magnitudo 3,1 pada Selasa (17/11) malam sekira pukul 23:21 WIB.

Bahkan sebagian netizen warga kuningan yang merasakan getaran bumi langsung membuat unggahan di beranda media sosial mereka bahwa mereka merasakan adanya guncangan.


Seperti yang disampaikan Akun atas nama Heru Rabel, yang diperkirakan berdomisili di Desa Bandorasa, menyebutkan di akun FB miliknya, Ia merasakan adanya guncangan walau hanya sebentar.

Unggahan status FB tersebut langsung diserbu komentar dari seratusan netizen yang banyak juga merasakan gempa.

"Setianegara oge karasa ageng pisan gempana (di Desa Setianegara juga terasa gempanya besar sekali), " komentar akun atas nama Nicky Permata Agustina dalam postingan tersebut.

Dari pantauan KR pada setiap komentar, warga Kuningan bagian barat rata-rata merasakan getaran gempa Selasa tengah malam tadi.


Hal itu sangat logis, karena pusat gempa seperti yang dijelaskan BMKG ada di 8 km barat laut Kabupaten Kuningan.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu, saat dikonfirmasi media menerangkan berdasarkan keterangan dari BMKG, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar Gunung Ciremai.

Indra membenarkan bahwa gempa dirasakan sebagian warga yang berada di wilayah barat Kabupaten Kuningan.

"Getaran dirasakan warga di Kecamatan Darma, Kadugede, Cigugur, Kuningan, Jalaksana, Japara, Cilimus dan Pasawahan. Guncangannya bervariasi, antara 1 hingga 2 detik," sebutnya dalam pesan singkat yang dikirim melalui seluler, Rabu (18/11) dini hari.

Ia mengatakan hingga Rabu dini hari, belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa tektonik tersebut.

"Masyarakat dihimbau agar tidak panik, jangan terpancing isu yang tidak jelas dan pastikan dulu informasi yang didapat itu berasal dari lembaga atau instansi resmi seperti BMKG atau BPBD," ujarnya.

Baca juga : Info Terkini: Gempa Magnitudo 3,1 di Kabupaten Kuningan Akibat Aktivitas Sesar Ciremai

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi guncangan gempa dengan magnitudo 3,1 di darat barat daya Kabipaten Kuningan Jawa Barat, pada Selasa (17/11) malam.

Di halaman website bmkg.go.id diterangkan, Gempabumi Terkini Selasa (17 Nov 2020, 23:21 WIB) magnitudo 3.1. Pusat gempa berada di kedalaman 6 km dengan koordinat 6.90 LS - 108.47 BT.

"Pusat gempa berada di darat 8 km Barat Laut Kab. Kuningan. Dirasakan (Skala MMI): II Kuningan, " demikian ditulis BMKG dalam website tersebut.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.