23 Rumah Warga di Cibingbin Rusak Terguncang Gempa M 4,2 Brebes, 2 Kecamatan Lain juga Rasakan Guncangan


KUNINGAN - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,2 di sekitar Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Jum'at (11/12/2020) pagi, bukan hanya dirasakan getarannya di kabupaten tetangga, Kuningan dan Cirebon. Tapi, gempa yang berpusat di kedalaman 5 km dengan koordinat 7,07 Lintang Selatan dan 108,87 Bujur Timur tersebut, telah menimbulkan kerusakan puluhan rumah warga di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 4,2 Brebes Jum'at (11/12) Pagi, Sebagian Kecamatan di Kuningan Timur Terguncang

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, berdasarkan hasil asessment pihaknya, mengatakan bahwa tercatat 23 rumah warga Desa Cipondok mengalami kerusakan.

"Hasil asessment, terdata 23 rumah rusak di  Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, " terangnya, Jum'at sore pada KR melalui sambungan seluler.


Indra merinci, dari 23 rumah itu, ada 4 rumah yang rusak sedang dan 19 rumah mengalami rusak ringan.

"Tim Asessment BPBD Kuningan masih di lapangan untuk mendata lebih lengkap, bilamana ada rumah warga lainnya yang terdampak guncangan gempa Brebes ini, " ujarnya.

Selain rumah warga, ditambahkan mantan Camat Subang ini, ada 2 fasilitas umum, Puskesmas dan Posyandu Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, yang ikut terdampak guncangan. 

"Iya Puskesmas dan Posyandu Desa Cipondok juga mengalami kerusakan ringan, " sebutnya.

Selain di wilayah Kecamatan Cibingbin, menurut warga setempat, gempa bumi yang terjadi Jum'at pagi itu, getarannya dirasakan juga di wilayah Kecamatan Cibeureum dan Cimahi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.