Heboh Banjir Bandang, Ternyata Luapan Air Akibatkan Tanah Bergeser

KUNINGAN - Selain bencana longsor di Desa Padahurip, Kecamatan Selajambe, pada Senin (28/12/2020), juga terjadi bencana tanah longsor di Dusun Getasan Rt 07 Rw 02 Desa Linggajaya, Kecamatan Ciwaru.

Senin sore, sekira pukul 16:00 WIB longsoran tanah terjadi di halaman samping rumah warga setempat.

Hujan deras yang terjadi mengakibatkan debit air di saluran gorong-gorong meluap ke halaman. Sehingga tanah yang jenuh oleh air amblas dan bergeser.



"Halaman samping rumah tidak kuat menahan derasnya aliran air dari gorong gorong yang meluap dan tekstur tanah yang sangat labil sehingga mudah terjadi pergeseran tanah, " terang Babinsa Ciwaru, Koramil 1505/Ciwaru, Serda Herman, pada KR, Senin petang.

Diterangkannya lagi, banjir dari luapan air itu berdampak pada bangunan warung hampir terbawa pergeseran tanah.

"Upaya sementara, dilakukan penahanan dengan bambu seadanya, " ucapnya.

Sementara, Anggota Polsek Ciwaru, Ramdan, menambahkan dari bencana tersebut, telah dilakukan koordinasi dengan pihak aparat Desa Linggajaya Kec Ciwaru untuk menghimbau kepada pemilik rumah ketika hujan intensitas tinggi tersebut agar tetap siaga dan waspada dikhawatirkan terjadi longsor susulan.



"Dikhawatirkan apabila terjadi hujan lebat kembali yang dapat mengakibatkan terjadi longsoran tanah dijalan desa tersebut  karena kontur tanah yang labil dan tinggi, " katanya.



Langkah yang akan dilakukan oleh pemilik rumah tersebut, imbuhnya, akan memasang pagar dari bambu untuk menahan aliran air yang sangat deras dikhawatirkan terjadinya hujan yang cukup deras dan akan mengakibatkan terjadinya pergeseran tanah susulan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.