Ini Cerita Warga Cipondok Saat Merasakan Gempa pada Jum'at (11/12) Pagi


KUNINGAN - Sahru Setiawan (50 tahun), warga Rt 01/02 Dusun 1 Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin menceritakan detik-detik gempa bumi yang dirasakannya pada Jum'at (11/12/2020) pagi.

Saat terjadi gempa bumi dengan magnitudo 4,2 yang berpusat di 5 Km dari Kabupaten Brebes, Sahru bersama anak-istrinya sedang berada di dapur rumahnya.



"Sekira pukul 05:55 WIB, Saya sedang bersama istri dan anak saya di dapur. Istri saya sedang memasak pagi tadi," tutur Sahru.

Tiba-tiba dirinya merasakan guncangan gempa yang sangat kuat. Bahkan, sejurus kemudian bagian atap dapur rumah milik Sahru ambruk tak tersisa.

"Beruntung, Saya dan keluarganya bisa menyelamatkan diri. Sangat kaget dengan kejadian itu. Kami langsung berlari ke luar rumah, istri Saya yang saat itu sedang masak di dapur untungnya tidak ketiban reruntuhan atap, " katanya saat ditemui wartawan di lokasi rumahnya.


Terpisah, Kepala Desa Cipondok, Rudianto, yang dikonfirmasi pada Jum'at sore, menyebutkan, dari hasil pendataan pihaknya, ada sejumlah 23 rumah warga terdampak guncangan gempa Brebes.

Kedua puluh tiga rumah yang mengalami kerusakan tersebut, berlokasi di Dusun Satu RT 01 RW 02. Disebutkan, 4 rumah mengalami rusak sedang, dan 19 rumah yang mengalami rusak ringan. 

Baca juga: 23 Rumah Warga di Cibingbin Rusak Terguncang Gempa M 4,2 Brebes, 2 Kecamatan Lain juga Rasakan Guncangan

"Namun dipastikan tidak ada warga yang mengungsi. Meski ada beberapa rumah yang rusak, warga langsung gotong-royong membenahi kerusakan dengan alat seadanya," ujar Rudianto.

Sebelumnya, diberitakan, gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terjadi Jum'at (11/12) pagi. 

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 4,2 Brebes Jum'at (11/12) Pagi, Sebagian Kecamatan di Kuningan Timur Terguncang

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi guncangan gempa dengan magnitudo 4,2 di darat yang berpusat Kabupaten Brebes Jawa Tengah, pada Jum'at (11/12) pagi sekira pukul 05:51 WIB.

Di halaman website bmkg.go.id diterangkan, Gempabumi Terkini Jum'at (11 Desember 2020, 05::51 WIB) magnitudo 4,2. 



Pusat gempa berada di kedalaman 5 km dengan koordinat 7,07 Lintang Selatan dan 108,87 Bujur Timur.

"Pusat gempa berada di darat 5 km Barat Daya Kab. Brebes. Dirasakan (Skala MMI): II hingga Kuningan dan Cirebon " demikian ditulis BMKG dalam website tersebut. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.