Dua Hari Terpantau Ramai, Obyek Wisata di Kuningan Buka pada Liburan Tahun Baru 2021


KUNINGAN - Bagi yang bertanya di mana wisata sekitar Kabupaten Kuningan yang buka pada masa liburan Tahun Baru 2021, jawabannya semua obyek wisata di Kabupaten Kuningan masih beroperasi alias dibuka.

Hanya saja, berdasarkan Surat Edaran Bupati Kuningan terakhir, yang diterbitkan tanggal 18 Desember 2020 lalu, tentang Pelaksanaan Natal dan Kegiatan Pergantian Tahun Baru 2021 di Tengah Pandemi Wabah Covid-19 (Corona) di Kabupaten Kuningan, mengatur pembatasan operasional kegiatan pariwisata tersebut.


"Bagi usaha restoran, pariwisata serta jasa lainnya dapat melakukan kegiatan dengan tetap mematuhi peraturan dan ketentuan protokol kesehatan, " tulis edaran yang dikeluarkan Bupati Kuningan, H Acep Purnama ini.

Dengan masih diperbolehkannya usaha pariwisata untuk beroperasi pada masa Libur Tahun Baru 2021 ini, juga  imbas dari penutupan sejumlah obyek wisata di beberapa daerah di luar Kabupaten Kuningan, membuat obyek wisata di seputaran Kabupaten Kuningan kebanjiran pengunjung. Hal tersebut, terpantau kuninganreligi.com pada Sabtu (02/01) dan Ahad (03/01/2021) di kawasan wisata Blok Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur.

Nampak, pengunjung dengan membawa kendaraan berpelat nomor luar Kuningan, padat merayap, baik menuju maupun pulang dari kawasan wisata tersebut.

Hal ini membuat para petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan dan Satlantas Polres Kuningan turun tangan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur wisata tersebut.

"Kita langsung tertibkan dengan mengurangi kepadatan. Ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati. Kepada pemilik dan pengelola wisata pun kita sampaikan untuk mengatur pengunjung," kata Kapolres Kuningan, AKBP Lukman SD Malik saat ditanya wartawan, pada Sabtu (02/01) kemarin.

Pihaknya juga telah menempatkan personel untuk mengurai terjadinya kerumunan di lokasi wisata yang nampak ramai tersebut.

Bahkan, kepada pengunjung, bersama Satgas COVID-19 Kuningan, Polisi juga menghimbau agar tidak berlama-lama di lokasi dan juga untuk tetap disiplin menaati protokol kesehatan.


"Bagi yang sudah lama berada di lokasi, kita himbau untuk bisa pulang. Bergantian dengan pengunjung yang baru datang, agar tidak terjadi kerumunan, " pungkas Kapolres. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.