Ruas Jalan Cikijing - Kuningan Tertutup Longsoran Tebing, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilalui Kendaraan


MAJALENGKA - Bencana tebing longsor kembali terjadi di Blok Cipadung Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka, pada Jum'at (22/01/2021) sore. Longsor disebabkan intensitas hujan yang tinggi dalam waktu lama pada Jumat sore.

Material longsoran tebing dikabarkan menutupi akses jalan raya nasional penghubung dua kabupaten, Majalengka dan Kuningan ini. Sehingga kendaraan baik roda dua maupun roda empat sementara waktu tidak bisa melintas melalui jalur Kuningan - Cikijing, Majalengka ini.



Saat dikonfirmasi kuninganreligi.com, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Indra Bayu Permana, membenarkan telah terjadi longsoran tebing di daerah Cipadung, Kecamatan Cikijing, Majalengka ini.

"Iya, itu kan masuknya wilayah Majalengka, dan termasuk kelas jalan nasional. Kita sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Majalengka, karena bagaimanapun itu merupakan akses jalan yang juga dibutuhkan warga Kuningan untuk menuju ke Majalengka atau sebaliknya," papar Indra, Jum'at (22/01/2021) petang.

Selain itu, upaya yang dilakukan pihaknya saat ini adalah dengan berkoordinasi kepada Dinas PUTR Kuningan agar bisa diteruskan kepada pihak PPK Jalan Nasional Tasikmalaya-Kuningan dalam bentuk laporan.

"Nanti yang akan melakukan perbaikan, seperti menurunkan alat berat hingga penanganan lainnya adalah dari PPK Jalan Nasional. Kita sifatnya hanya pelaporan saja, " ungkapnya.

Di lain pihak, sebagai antisipasi pemantauan arus lalu lintas dari dan menuju Kabupaten Kuningan, BPBD Kuningan juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kuningan.

Dengan tertutupnya akses ruas Cikijing-Kuningan ini, maka kendaraan yang akan masuk ke Kuningan dari Cikijing atau sebaliknya terpaksa harus menempuh jalur alternatif.

"Dari Majalengka arus lalu lintas bisa melalui Cidulang, Cipulus, Gunung Sirah, Karanganyar, dan keluar dari Parung, Darma, Kuningan. Juga sebaliknya dari arah Kuningan bisa masuk ke Jalur Parung," terang Indra.



Sementara itu, sebagai infromasi, jika akses jalan Cikijing - Kuningan ini tertutup, untk kendaraan bus antar kota dan kendaraan besar dari Tasikmalaya, Cikijing, Cirebon, biasanya dialihkan antara lain ke jalur Cikijing, Maja, Rajagaluh, Sumber, Cirebon. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.