Headline

UJI KOMPETENSI WARTAWAN KE 21, DIBUKA BUPATI


KUNINGAN - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas)  Setda Kuningan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  untuk puluhan awak media liputan Kuningan dan beberapa dari Wilayah 3 Ciayumajakuning.  Kegiatan dilaksanakan di Wisma Permata,  Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputera Kuningan,  selama dua hari,  yakni Jum'at dan Sabtu (21-22/09). 
Dalam melaksanakan agenda tersebut,  Nagian Humas Setda Kuningan,  menggandeng organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Kabupaten Kuningan dalam kepanitiaan.  
Kegiatan yang dibuka Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH ini memiliki tema: " UKW sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Wartawan". 
Bupati Acep dalam sambutannya menjelaskan bahwa peran awak media dalam pembangunan sangat dibutuhkan,  guna memberikan informasi hasil-hasil pembangunan pada masyarakat. 
" Pemerintah sangat mendukung kegiatan UKW ni untuk menciptakan insan pers yang layak dan teruji sesuai kompetensinya yang patuh pada Kode Etik Jurnalistik,  " ungkap Bupati. 
Ia memberikan kebebasan luas pada para wartawan untuk menulis berita yang mengandung koreksi dan kritik pada pemerintahan. 
" Namun pemberitaan tersebut harus sesuai dengan rambu-rambu,  akurat,  dan tidak tendensius,  yang sifatnya memberikan masukan positif,  " ujar Bupati. 
Sementara,  selaku panitia,  Kabag Humas Setda, DR Wahyu Hidayah MSi,  melaporkan bahwa kegiatan UKW adalah untuk memberikan pemahaman kepada awak media agar bisa menjalankan tugas kewartawanan secara profesional.
" Bukan untuk membatasi hak-hak wartawan, tapi sebagai sebuah solusi untuk menjaga profesionalitas wartawan itu sendiri,  " tukasnya. 
Selain Bupati Kuningan,  kegiatan pembukaan UKW dihadiri oleh perwakilan Dewan Pers Pusat dan PWI Pusat,  Ketua PWI Jawa Barat,  Kepala Sekolah Jurnalistik Indonesia, serta Ketua PWI Kuningan. (Nars) 

No comments