Monday, October 29, 2018

kuningan religi

KADES CIBULAN MENERIMA PENGHARGAAN ANUGRAH PRAKARSA DAN INOVASI PEMBANGUNAN JABAR 2018


BANDUNG - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 yang dilaksanakan di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (29/10/2018), menjadi moment penting bagi 23 pemuda berprestasi di Jawa Barat.

Mereka merupakan individu dan perwakilan organisasi yang lolos seleksi dari 200 peserta yang ikut bersaing untuk mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait Inovasi dan Prakarsa Pembangunan Jawa Barat.

Salah satu yang mendapat penghargaan yang diberikan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, adalah Kepala Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Iwan Gunawan SIP. Ia didampingi Camat Cidahu, Rusmiadi dan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kuningan, Rohendi SP, menerima penghargaan tersebut. 

Iwan mendapatkan penghargaan terbaik untuk kategori Prakarsa dengan mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Eks Galian Pasir Menjadi Lahan Produktif".

Ditemui selepas pemberian penghargaan, Iwan Gunawan memaparkan seputar tema yang diangkatnya sehingga mendapat penghargaan Pemprov Jabar ini. Menurutnya, tema yang diambil merupakan salah satu upaya dirinya sebagai kepala desa yang ingin mengembalikan lagi lahan eks galian pasir menjadi produktif.

" Kami ingin membuat gagasan dan terobosan untuk memberdayakan lahan dimaksud menjadi produktif, mengingat lahan tersebut selama ini tidak berfungsi setelah sekian puluh tahun dibiarkan, " terangnya kepada kuninganreligi.com.

Iwan menambahkan, setelah pasir yang digali sudah habis dan lahan menjadi terbengkalai, melihat kondisi seperti itu, dirinya terus berupaya untuk menggagas lahan ini menjadi produktif demi kepentibgan masyarakat Desa Cibulan.

" Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan berkoordinasi bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan dan Kementerian Pertanian. Alhamdulillah, akhirnya lahan seluas 500 ha tersebut bisa diberdayakan kembali, salah satunya dengan menanam kedelai, " ujarnya.

Untuk tahap awal, pihaknya menanami lahan seluas 75 ha dengan hasil panen 0,8 ton/ha. Melihat kondisi ini Iwan tidak puas sampai di situ, justru Ia semakin termotivasi.

Kades Iwan Gunawan beserta Istri
Melalui Dinas Pertanian, lahan tersebut terus dipacunya dengan adanya UPH, UPPO, pembangunan JUT dan saat ini Ia merencanakan konsep Integrated Agruculture Development (Pembangunan pertanian terintegrasi). Sehingga, ke depan, bukan hanya kedelai yang ditanam, tetapi komoditas lain pun akan terus dikembangkan sehingga lahan tersebut bisa memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi di Desa Cibulan.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, khususnya kelompok tani, Dinas Pertanian Kuningan, Pemkab Kuningan dan Kementerian Pertanian sehingga Kami mendapat apresiasi penghargaan dari Pemprov Jabar ini, " ucap Iwan.




Ke depan Ia tetap memohon dukungan, sehingga Cibulan tetap terus bisa mengembangkan lahan tersebut menjadi lebih produktif dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi desa, serta mampu berkontribusi terhadap Pembangunan Kuningan dalam konsep Pembangunan Pertanian Terpadu (Agropolitan). (Nars)

kuningan religi

About kuningan religi

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :