Headline

ANGIN KENCANG HANCURKAN PERTOKOAN MILIK PEMDES PANGKALAN


KUNINGAN - Sebanyak 30 kios milik BUMDes Pangkalan, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan mengakali kerusakan ringan hingga berat, akibat cuaca ekstrim yang terjadi Ahad (23/12/2018) sekira pukul 17:15 WIB.

Sore itu hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Ciawigebang, mengakibatkan puluhan kios tersebut luluh lantak. Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta. 

Musibah yang terjadi di Rt 09 Rw 01 Dusun Manis Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigenang ini, juga ikut menerbangkan atap kios yang terbuat dari baja ringan. Beberapa bagian di antaranya ada yang mengenai kabel listrik sehingga mengakibatkan aliran listrik padam.

Salah seorang warga, Haji Aan (52) menuturkan kepada kuninganreligi.com bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB yang diawali dengan adanya hujan deras yang disertai angin kencang.



" Kejadiannya sebelum maghrib, pas hujan mulai reda warga yang melintas di jalan ini kaget melihat bangunan dan atap kios rusak parah. Bahkan ada yang nyangkut di kabel listrik," kata Haji Aan. 

Haji Aan mengungkapkan bahwa kios tersebut milik BUMDES Desa Pangkalan yang sebagian besar disewakan kepada warga setempat. 

Hingga berita ini diturunkan, warga masyarakat setempat bersama aparat desa, TNI Polri, Pol PP, PLN dan juga dari Tim BPBD masih melakukan upaya pembersihan material yang mengganggu jalan raya Ciawigebang-Susukan.(Nars)