JELANG LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU, HARGA BAHAN POKOK DI KUNINGAN STABIL


KUNINGAN - Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, didampingi Wakapolres Kuningan, Komp Agus Syaifudin, bersama Tim Satgas Pangan Kabupaten Kuningan, Senin (17/12/2018) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Baru Kuningan untuk memantau kondusifitas harga bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Dalam sidak yang diikuti juga oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kuningan, Agus Sadeli dan pejabat lainnya itu terpantau harga-harga bahan pokok di Pasar Baru Kuningan relatif stabil.

Hanya saja beberapa macam sayuran, seperti kentang, kol, tomat dan wortel ditemukan mengalami kenaikan harga. Hal ini menurut beberapa pedagang, disebabkan karena tibanya musim penghujan dan menjelang libur panjang.

Selain Sayuran, harga daging sapi juga mengalami kenaikan sebesar Rp 5 ribu per kilogram. Dari semula Rp 110 ribu/kg menjadi Rp 115 ribu/kg. Salah seorang pedagang daging, H Nana (50), warga Awirarangan, mengatakan bahwa kenaikan harga daging ditimbulkan karena banyaknya warga yang melaksanakan hajatan dan lepas dari Bulan Maulid.



Terkait stok bahan pokok dan kebutuhan lainnya, Wabup Ridho, saat dimintai keterangan menjelaskan, pihaknya menjamin ketersediaannya sampai libur panjang usai. Meski beberapa sayuran masih dipasok dari luar Kuningan, para pedagang, mengatakan tidak mengalami kesulitan untuk memperolehnya.

" Secara keseluruhan, dari sidak tadi, tidak ada kenaikan harga yang signifikan, kondusif lah. Kami juga menghimbau para pedagang untuk bisa menjaga kebersihan lapaknya agar para konsumen yang bertransaksi di sini merasa puas, " terang Ridho.

Sementara, Wakapolres Kuningan, Komp Agus Syaifudin mengatakan bahwa pihaknya sebagai bagian dari Tim Satgas Pangan sangat mendukung adanya sidak yang dilaksanakan Pemkab Kuningan. 

" Kami juga siap bekerjasama guna mengamankan jalur-jalur distribusi pangan keluar-masuk pasar, hingga terjamin ketersediaannya. Beberapa petugas telah kami tempatkan di beberapa titik, guna memantau hal tersebut, " terang Agus. (Nars)
Powered by Blogger.