MAJUKAN PENGUSAHA KECIL ASAL KUNINGAN, WARGA PERANTAUAN MEMBENTUK KOPERASI


KUNINGAN - Sekira 50 warga perantauan asal Kabupaten Kuningan yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai pedagang dan pengusaha UKM, sepakat mendirikan Koperasi.

Para perantau yang bekerja di wilayah Jabodetabek, Bandung, Banten, Karawang dan Purwakarta tersebut berkumpul pada Ahad (27/01/2019) di GOR Gunung Tiga, Condet, Jakarta. 

Mereka sepakat membentuk satu koperasi bernama Koperasi Mandiri Paguyuban Kuningan (KOMPAK) dengan tujuan untuk bersama-sama maju mengembangkan usaha.  Selain itu KOMPAK juga memiliki tujuan meningkatkan tali persaudaraan dan kebersamaan diantara sesama anggota, memberdayakan potensi ekonomi para anggota untuk kesejahteraan bersama, serta membuka lapangan kerja baru yg terbuka bagi anggota KOMPAK dan keluarganya.

Ketua pengurus Koperasi KOMPAK, H Kuswara, melalui sekretarisnya, Susi Setia Rosimaya mengungkapkan kepada kuninganreligi.com, Senin (28/01/2019) bahwa keanggotaan koperasi tersebut, berdasarkan kesepakatan adalah terbuka untuk umum. 

" Semua warga Kuningan bisa menjadi anggota KOMPAK, Koperasi ini memiliki semangat merekatkan tali silaturahmi dan hasilkan keuntungan dalam usaha Bersama, KOMPAK kita Bisa, " terang Susi.

Selain itu, KOMPAK juga memiliki tagline: KOMPAK Ti Kujang, Ti Urang, Ku Urang, Jang Urang .  " Visinya adalah terwujudnya sebuah Lembaga Sosial Ekonomi yang tangguh dan mampu memberikan pelayanan prima dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, " imbuhnya.



Kompak juga memiliki misi memberikan pelayanan dan bantuan kepada anggota dari aspek permodalan untuk usaha produktif. Serta, memberikan pelayanan kebutuhan pokok bagi para anggota
, dan melakukan pembinaan para anggota dalam pengembangan usaha unggulan. 

" Alhamdulillah kami telah membentuk juga kepengurusan, dan akan melaksanakan kemitraan dengan pihak lain dalam pengembangannya, " tandas Susi.

Terpisah, Pembina RWK dan KOMPAK, H. Atang Sugiyono, yang ikut hadir dalam pembentukan koperasi, mengaku sangat mengapresiasi penggagasan pendirian koperasi tersebut.

" KOMPAK berangkat dari semangat dan kesadaran bersama pentingnya segera memajukan UKM dan memberdayakan potensi ekonomi yang dimiliki oleh anggota
. Saya sarankan agar segera diurus aspek legalnya, " ujar H Atang.



Ia juga mengusulkan agar kegiatan usaha sudah bisa dimulai dengan memanfaatkan simpanan anggota untuk bidang perdagangan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum RWK, H Sanis Ghazali juga sangat mendukung berdirinya KOMPAK. Ia menyarankan agar bisa disosialisasikan kepada seluruh Paguyuban Masyarakat Perantau Kuningan, dengan harapan anggotanya bisa terus bertambah.

" Saya juga bersedia menjadi Dewan Pengawas dan silakan kantor  kesekretariatan KOMPAK bisa nenggunakan GEDUNG YAYASAN KEMUNING, " pungkasnya.

Untuk diketahui, berikut susunan Kepengurusan KOMPAK:

Ketua      : H. KUSWARA
Wkl        : EDY MULYANA WIJAYA
Sekretaris : SUSI SETIA ROSIMAYA
Wkl Skrts  : SANUSI
Bendahara  : DIDI SUTARDI
Wkl Bend   : Hj. NETTY


PENGAWAS :

1. H. ATANG SUGIYONO (Ketua)
2. H. SANIS GHAZALI
3. ALI M. SUMADI
4. IWAN SETIAWAN
5. ADON BHARATANGGUH
6. DEDE SANU
7. NANA KOBARAKU
8. SUPRATMAN
9. OPAH SANDY


(Nars) 

1 comment:

  1. Assalamualaikum
    Salam sejahtera untuk kita semua.
    Alhamdulillah dengan telah bentuknya Koperasi Mandiri Paguyuban Kuningan(KOMPAK).
    Kami atas nama Ketua/pengurus terpilih.
    Mengajak semua orang kuningan yang ada di jadebotabek khususnya dan di seluruh Indonesia pd umumnya.
    Untuk ikut bergabung dan mendorong agar KOMPAK maju dan berkembang serta menjadi kebanggaan KUNINGAN

    ReplyDelete

Powered by Blogger.