Headline

TAK HANYA SMK CIBENING, JALAN PERBATASAN KUNINGAN BREBES JUGA TERENDAM BANJIR


CIBINGBIN - Bencana banjir kembali menghantui warga sekitar Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Masih berbekas dalam ingatan mereka, kejadian bencana banjir dua tahun terakhir akibat luapan Sungai Cijangkelok.



Namun kali ini bukan Sungai Cijangkelok yang meluap. Pada Ahad (20/01/2019) sore, Sungai Cariang yang berlokasi di Desa / Kecamatan Cibingbin meluap akibat intensitas hujan yang tinggi. 

Hujan yang terjadi Ahad sore itu juga terjadi dalam waktu agak lama, yakni dari pukul 15:00 hingga pukul 17:00 WIB. Sehingga air Sungai Cariang meluap dan masuk ke halaman SMK Cibening Kecamatan Cibingbin.

Ba TUUD Koramil 1506/Cibingbin, Peltu Sesa dalam keterangannya kepada media menjelaskan luapan air sungai yang cukup deras serentak masuk halaman SMK Cibening. Bahkan sempat membuat pagar depan sekolah tersebut jebol.

Beberapa bangunan SMK Cibingbin pun ikut terendam air sekira 80 cm. Jalan utama penghubung Kecamatan Cibingbin dengan Kabupaten Brebes pun ikut terendam air. Untungnya dalam kejadian banjir tersebut, dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Mengantisipasi kejadian ini, ungkapnya, aparat TNI dari Koramil 1506/Cibingbin menghimbau kepada masyarakat melalui aparat desa setempat, agar tidak bepergian ke jalur perbatasan karena jalan terendam air.

TNI bersama warga mengamankan jalur jalan agar kendaraan agar tidak melewati jalur Cibingbin-Brebes Jateng tersebut. 

Sesaat setelah hujan reda dan air surut, aparat TNI bersama warga, membersihkan bangunan SMK Cibingbin dari lumpur akibat Banjir.

Hingga berita ini diterbitkan, dilaporkan air sudah mulai surut dan pembersihan lumpur masih berlangsung. (Nars)

No comments