Header Ads

TUNTAS IKUTI “CREDIT TRANSFER”, TIGA MAHASISWA MALAYSIA DILEPAS UNIKU


KUNINGAN - Setelah mengikuti pendidikan selama satu semester di Program Studi Tektik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan (Uniku), tiga mahasiswa asal Universiti Utara Malaysia (UUM), dilepas Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, Senin (28/01/2019) di ruang rapat Rektorat Uniku.

Ketiga mahasiswa UUM yang tuntas mengikuti program Student mobility dengan pola credit transfer, yang pertama kalinya dilaksanakan Uniku,  tersebut adalah Khor Huan Yong, Ong Cheng Yi dan Tan Cheng Yi. 

“ Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan UUM yang telah mengirimkan tiga mahasiswanya untuk mengenyam pendidikan selama satu semester di Uniku. Mereka bertiga belajar tentang seluk-beluk perangkat lunak dan kecerdasan artifisial,” terang Rektor di acara pelepasan mereka.



Ia menjelaskan, kerjasama UNIKU-UUM telah terjalin cukup lama. Prinsip-prinsip kesetaraan guna peningkatan kapasitas masing-masing institusi menjadi fokus perhatian. Kerjasama yang bersifat resiprokal terus digalakkan.

“Insya Allah awal Maret kami akan mengirim tiga mahasiswa Uniku untuk mengikuti sit-in program selama dua minggu di UUM. Program ini teruji telah memberi pengalaman akademik dan budaya luar yang bermanfaat bagi peningkatan kompetensi akademik dan cakrawala mereka,” tuturnya.

Ke depan, jelas Dikdik, pihaknya akan mengundang mahasiswa asing untuk belajar di Uniku. Berbagai fasilitas dan sumberdaya manusia sedang disiapkan menuju Uniku go Internasional. 

“ Berbagai forum internasional kita ikuti. Sejumlah fasilitas pendidikan sedang disiapkan. Jejaring internasional terus digalakkan. Kita optimis memasuki era revolusi industri 4.0, bahkan antisipasi trend baru menuju Society 5.0, ” ujar Dikdik optimis.



Sementara, Dekan FKOM, Dadang Hamdani, mengungkapkan, program ini sangat membantu terhadap peningkatan kualitas mahasiswa di FKOM UNIKU. Karena menurutnya, mahasiswa termotivasi dalam proses belajar serta bisa melihat cara dan kultur belajar mahasiswa asing, demikian pula dengan dosen.

“ Program ini merangsang dosen untuk lebih meningkatkan wawasan sehingga proses pembelajaran lebih berkualitas. Kedepan, program ini akan terus dijalankan agar FKOM lebih maju lagi, insya Allah,” kata Dadang.

(Nars) 

No comments

Powered by Blogger.