RESMI DIMULAI, TMMD 104 TINGKATKAN SEMANGAT KEBERSAMAAN UMAT DAN GOTONG ROYONG


KUNINGAN - Lapangan Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan menjadi lokasi dimulainya kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di wilayah Kodim 0615/Kuningan, Selasa (26/02/2019).

Kegiatan TMMD dibuka Bupati Kuningan, H Acep Purnama yang juga bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Acep Purnama menjelaskan bahwa kemajuan teknologi yang terjadi saat ini memiliki dampak kurang baik terhadap berkurangnya rasa gotong royong di kalangan masyarakat.



Dengan adanya kegiatan TMMD, Bupati Acep menambahkan, akan bisa menumbuhkan kembali rasa gotong royong yang dirasakan sudah memudar dalam kehidupan masyarakat.

" Ucapan terima kasih Kami sampaikan kepada TNI karena dengan adanya kegiatan TMMD ini dapat menumbuhkan kembali rasa gotong royong di masyarakat, " ujar Acep.
Pemkab Kuningan, kata Acep, sangat terbantu atas terselenggaranya TMMD khususnya dalam bidang pembangunan di masyarakat.

" Kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan TNI untuk membantu masyarakat dengan cara memanfaatkan swadaya masyarakat. Pros├ęs perencanaan TMMD disusun dengan sistem “BOTTOM UP PLANNING’, yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, " terangnya.

Pihaknya juga menilai bahwa kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah setempat dalam pemberdayaan masyarakat. Karena, kegiatan TMMD diprioritaskan untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan , perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan kumuh 

" Sasaran TMMD juga ditujukan pada daerah yang terkena terdampak bencana dalam konteks kepentingan pembangunan, " tutup Acep.

Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut dihadiri ratusan warga dan aparat TNI yang berbaur tanpa sekat. Ada sekira 1583 peserta upacara yang terdiri dari beberapa komponen. Mereka adalah dari Anggota Yon 312, gabungan Lanud dan Lanal, Anggota YonArhanudse-14, anggota POLRI dari Polres Kuningan, anggota Linmas, pelajar dan warga masyarakat.



Nampak hadir dalam kegiatan pembukaan TMMD 104, Kasdam III/Slw (Brigjen TNI Nurchahyanto)
, Danrem 063 /SGJ (Kol. Arm Maryudi S.Sos), Irdam III /Slw (Kol. Inf Gausudin Amin Yusuf), Asren III /(Kol. Inf Otto), Kainfolahta (Letkol Arm. Yani), Dandim 0617/Majalengka (Letkol Arm. Novi Herdian SH, MM), Dandim 0616/Indramayu (Letkol Kav. Nurcahyono), Dandim 0605/Subang (Letkol Arh. Edi Maryono), Dandim 0614/Kota Cirebon (Letkol Inf. Heri Rustanto), Dandim 0620/Kab. Cirebon (Letkol Arh. Adhi Kurniawan), Dandim Karawang (Letkol Inf. Endang Sumardi), Kapolres Kuningan (AKBP Iman Setiawan SIK), Kepala Kejaksaan Kuningan (Adhyaksa Dharma Yuliano SH, MH), Danyon Arhanudse-14(Mayor Arh. Ridwan), dan Danlanud Surya Dharma yang diwakili oleh Kaurmatdirga (Kapten tek Asnim)  (Nars)

No comments

Powered by Blogger.