Header Ads

ROCKY GERUNG: 18 APRIL PERLU BERSIH-BERSIH MEDSOS


KUNINGAN - Pengamat Politik Rocky Gerung melontarkan pertanyaan terkait isu apa yang bisa menggantikan isu politik, satu hari setelah pemilihan umum dan Pilpres digelar, kepada ratusan mahasiswa, di Kuningan, Jawa Barat, Senin (18/02/2019).

Bagi mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan filsuf yang juga mantan dosen Universitas Indonesia ini, akan diberi hadiah buku darinya.

Tiga mahasiswa mencoba menjawab apa yang ditanyakan Rocky. Mahasiswa pertama, menjawab bahwa opini untuk mengalihkan isu politik setelah Pemilu dilaksanakan adalah tentang lingkungan hidup.


Mahasiswa kedua menjawab, bahwa isu penting yag harus digaungkan untuk menggantikan isu politik selepas pemilu adalah isu Seni dan Budaya. 

" Karena memang di Indonesia itu kita harus menjunjung tinggi seni dan budaya lokal kita, " ujar mahasiswa kedua.


Kemudian, tampil seorang Mahasiswi yang juga mencoba menjawab pertanyaan Rocky Gerung. Menurut mahasiswi yang diketahui bernama Lingga itu, salah satu isu yang menarik untuk menggantikan isu politik adalah matinya media sosial.

" Iya, dengan matinya Medsos, tidak ada FB, Youtube, IG, Twitter dan lainnya, semua orang tidak akan berkomentar apapun tentang siapa yang menang atapun yang kalah, " terangnya. 

Menanggapi jawaban ketiga penjawab tersebut, Rocky mengulas, bahwa di hari pertama setelah pemilu, dari ketiga jawaban yang ditangkapnya, menurutnya lebih logis jawaban ketiga.
" Saya coba terangkan ya, menurut saya, urgensi di hari pertama setelah terjadinya kekacauan, pertentangan, pertarungan fanatisme terjadi di medsos. Dan Medsos itu kehilangan kemampuan untuk mengakrabkan kewarganegaraan, " jelas akademisi asal Manado ini.

Ia menambahkan, setelah Pemilu, media sosial harus dijadikan oase baru untuk merawat kebersamaan. Di oase baru itulah, imbuhnya, setelah medsos sudah bening, baru kita bisa berbicara tentang lingkungan hidup dan seni budaya, seperti jawaban dua mahasiswa lainnya.



Untuk diketahui, Rocky Gerung, hadir di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin ini, sebagai pembicara dalam Diskusi Publik yang diselenggarakan BEM Universitas Kuningan.

Tema yang diusung dalam diskusi yang dihadiri sekira 700 peserta itu adalah Membangun Pandangan Positif Generasi Milenial dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur di Era Globalisasi. Rocky hadir ditemani pembicara lainnya, yakni Ketua BPP HIPMI, Dr Anggawira MM.

No comments

Powered by Blogger.