Headline

SERING TERJADI TEBING LONGSOR, PENGGUNA JALUR CIPASUNG-SUBANG DIHIMBAU WASPADA



KUNINGAN - Selama sepekan, di musim hujan tahun ini, beberapa kali terjadi longsoran tebing kiri-kanan jalan di jalur Desa Cipasung, Kecamatan Darma menuju selatan ke arah Kecamatan Subang.

Longsoran tebing yang terakhir, terjadi Senin (11/02/2019) sore, sekira pukul 16:00 WIB di Blok Cibihbul, Desa Cimenga, Kecamatan Darma. Tebing yang bermaterialkan batu besar, mengalami longsor ke badan jalan.


Material longsoran hampir menutup seluruh badan jalan, sehingga akses Cipasung-Subang terhambat sementara, tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Beruntung, saat kejadian longsor, tidak ada kendaraan yang sedang melintas.

Hingga berita ini ditulis, petugas BPBD dan masyarakat setempat masih melakukan pembersihan dan evakuasi material longsoran yang menghalangi akses jalan tersebut.

Petugas BPBD di lapangan menghimbau kepada para pengguna jalan yang akan melewati jalur Cipasung-Subang agar ekstra hati-hati dan waspada, apalagi jika sedang turun hujan.



Tanah tebing yang menyerap banyak air, menjadikan tanah semakin labil dan porositasnya tinggi. Disamping itu, beberapa warga setempat juga menegarai ada aktivitas pelebaran yang memangkas tebing dengan tidak memperhatikan kemiringannya. 

Sehingga, tanah yang terpangkas, yang diduga kurang kemiringannya tersebut, rawan longsor saat menyerap air yang banyak akibat hujan deras. (Nars) 

No comments