BICARA DI DEPAN OK OCE, ATANG SUGIYONO: UKM DI KUNINGAN PERLU DIBANTU PEMASARAN


KUNINGAN - Pembina Rukun Wargi Kuningan (RWK) Jabodetabek, H Atang Sugiyono, berbicara di depan pendiri OK OCE Indonesia, yang juga kakak kandung Cawapres Sandiaga Uno, Prof Indra Uno, dalam agenda Wosrkshop Entrepreneurship, di Gedung KNPI Kuningan, Sabtu (23/03/2019) kemarin.

Workshop yang dihadiri 260 pelaku usaha di Kabupaten Kuningan itu juga dihadiri oleh Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, Ibunda Cawapres Sandiaga Uno, Mien R Uno, dan Ketua Umum Siwindu Maju Kabeh, Dr. Tohana. 

Atang, yang juga menjabat sebagai Komisaris Rumah Kreatif KHAS Kuningan ini menggarisbawahi bahwa ekonomi suatu negara akn kuat jika memiliki atau ditunjang oleh para entrepreneur, minmimal 2% dari populasi penduduk negara tersebut.

" Mengapa Singapura maju? karena negara itu telah memiliki 7 % wirausahawan. Demikuan juga Malaysia, sudah diatas 4 %. Sementara Indonesia baru memiliki para  wirausaha 1 %, " ungkap Atang.

Jadi, ujarnya, jika Indonesia ingin kuat ekonomi nasionalnya, maka harus mencetak para wirausaha baru di sektor UKM sampai mencapai minimal 2 %.

Ia juga menyoroti kendala yang dihadapi para UKM pada umumnya, yakni aspek permodalan, produksi ( teknologi) dan pemasaran. Namun, Dirinya melihat bahwa untuk UKM di Kuningan, aspek permodalan dan produksi sudah tidak menjadi kendala utama.  

" Yang menjadi masalah bagi kebanyakan UKM di Kuningan adalah aspek pemasaran, " tandasnya.

Dirinya berharap dengan hadirnya OK OCE di Kuningan, bisa memberikan solusi membantu UKM Kuningan dari aspek pasar. Bagaimana menyambungkan para UKM Kuningan dengan berbagai program OK OCE yang skarang sudah ditingkatkan menjadi program nasional.

" Kepada para UKM di Kuningan, Saya berharap dapat mengembangkan usahanya di sektor industri berbasis agro, " ajak pria yang juga mantan Sekditjen Industri Agro dan Kimia di Kemenperin RI ini.

Sebagai Komisaris Rumah Kreatif KHAS Kuningan, Atang juga mengajak kepada UKM dan warga yang berminat bergerak di bidang lingkungan dan budi daya pertanian, untuk bisa bergabung dengan Rumah Kreatif KHAS yang didirikannya.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.