Headline

KANTOR KPU KUNINGAN DISERBU RATUSAN EMAK-EMAK


KUNINGAN - Situasi depan halaman Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuningan mendadak ramai, Selasa (05/03/2019). Sedari pagi nampak puluhan emak-emak atau kaum hawa, sudah berkumpul di sekitar pintu masuk kantor penyelenggara Pemilu yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman, Kuningan tersebut.

Kedatangan warga yang jumlahnya makin siang makin bertambah ke Kantor KPU, bukan untuk melakukan aksi unjuk rasa. Berdasarkan informasi, hari ini merupakan waktu pembukaan pendaftaran bagi mereka yang ingin menjadi petugas sortir dan lipat surat suara untuk Pemilu 2019 di Kuningan.


Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi,  ketika dimintai keterangan menjelaskan bahwa pihaknya memang sedang melakukan perekrutan para petugas sortir dan lipat surat suara, seiring datangnya logistik tersebut di gudang KPU Kuningan.

" Kami membutuhkan maksimal kuota 800 orang, untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut, " ungkap Asfa, sapaannya. 

Warga yang hendak mendaftar, seperti dalam pengumuman KPU tentang pendaftaran petugas sortir dan lipat surat suara, disyaratkan sebagai WNI, berusia minimal 17 tahun, berdomisili di Kabupaten Kuningan, bukan anggota Parpol, juga sehat jasmani dan rohani. 

" Yang tidak kalah penting adalah untuk kaum hawa, tidak dalam keadaan hamil. Serta saat melakukan tugas mereka dilarang mengenakan pakaian atau atribut parpol lainnya, " imbuh Asfa.

Tentang waktu pendaftaran petugas sortir lipat surat suara ini, KPU membukanya selama tiga hari, dari tanggal 04 hingga 06 Maret 2019. Sementara, pengerjaan sortir dan lipat surat suara, akan mulai dilaksanakan pada Sabtu (09/03/2019) nanti.


" Nanti tempat pelaksanaan sortir dan lipat surat suara ini, di GOR Ewangga, kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan. Target selesainya penyortiran dan pelipatan surat suara adalah Bulan Maret ini harus selesai, " ujar Asfa.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang media ini miliki, jumlah surat suara keseluruhan, dalam lima jenis, mencapai 8.694.462 buah, dengan rincian Surat Suara Pilpres dan Pemilu DPD 1.736.892 buah, Surat Suara Pemilu DPR dan DPRD Provinsi 2.610.339 buah dan untuk DPRD Kabupaten sebanyak 4.347.231 buah.(Nars)


No comments