Headline

MAU TAU PREDIKSI JUMLAH KURSI TIAP PARPOL DI PILEG DPRD KUNINGAN 2019? INI HASIL SURVEYNYA


KUNINGAN - Selain merilis hasil survey terkait elektabilitas Pasangan Capres/Cawapres di Kabupaten Kuningan, Lembaga Survey Jamparing Research, juga mengumumkan hasil survey terkait simulasi jumlah kursi yang didapatkan tiap partai politik untuk Anggota DPRD Kabupaten Kuningan.

Dari hasil wawancara mereka kepada 1.200 responden di 32 kecamatan di Kuningan dengan menggunakan kuisioner berbasis alat peraga specimen surat suara, didapatkan prediksi perolehan 50 kursi DPRD Kabupaten Kuningan dalam Pileg 2019 mendatang.


Juru bicara Jamparing Research, Tio Heriyana, menyampaikan bahwa dari 50 kursi DPRD Kuningan yang diperebutkan, berdasarkan hasil surveynya, akan lebih banyak didapatkan oleh Partai Amanat Nasional dengan jumlah 9 kursi.

Sementara sesuai urutan prediksi jumlah kursi yang didapatkan tiap parpol di Pileg Kabupaten Kuningan 2019 selanjutnya, adalah, PDIP (8 kursi), PKB dan PKS , masing-masing 6 kursi, Golkar (5 kursi), Demokrat, Gerindra dan PPP, masing-masing 4 kursi.

" Selanjutnya, Partai NasDem, hanya diprediksi mendapat 3 kursi dan partai pendatang baru, yakni Perindo, ada angka 1 kursi berdasarkan survey kami, " jelas Tio.

Jamparing Research, sambungnya, juga menemukan angka yang cukup lumayan tinggi, terkait jumlah responden yang masih belum tahu atau tidak memberikan jawaban terkait caleg mana yang akan mereka pilih di DPRD Kuningan pada Pileg 2019 nanti.


" Angka responden yang belum menjawab atau menentukan pilihan ada di angka rata-rata 19,66 %. Ini di atas prosentase suara yang didapatkan masing-masing parpol di tiap dapil, kecuali Dapil I yang berada di bawah prosentase, " terangnya.

Angka terkait simulasi alokasi jumlah kursi yang didapatkan masing-masing parpol di DPRD Kuningan ini, merupakan kesimpulan dari survey simulasi alokasi jumlah kursi yang didapatkan parpol dari tiap daerah pemilihan di Kabupaten Kuningan.

No comments