Header Ads

PDIP DAN NASDEM BERSAING KETAT DI DAPIL 4


KUNINGAN - Perebutan perolehan kursi DPRD Kuningan di Dapil 4, diprediksi terjadi antara dua partai pengusung Capres/Cawapres 01, yakni Partai Nasdem dan PDIP. Demikian diumumkan Lembaga Survey Independen, Jamparing Research (JR), Senin (18/03/2019) di Kedai Nangkring, Jalan Aruji Kartawinata Kuningan.


Berdasarkan metode hitungan Sainte Lague, yang dilakukan JR terhadap hasil survey pihaknya terkait elektabilitas parpol, di Dapil 4 Kuningan, PDIP dan Nasdem bersaing ketat mendapatkan kursi terakhir (ke-8), dari jatah 8 kursi DPRD Kuningan di dapil tersebut.

" Setelah dihitung secara berurutan berdasarkan angka prosentase hasil survey yang diraih masing-masing parpol kemudian dibagi bilangan pembagi ganjil didapatkan enam parpol bisa meraih kursi di DPRD Kuningan dari Dapil 4 ini, " terang Jubir JR, Tio Heriyawan.

Keenam parpol tersebut adalah Nasdem (19,9%) dengan 3 kursi, sedangkan masing-masing satu kursi didapatkan PDIP (11,6%), PKB (10,2%), Demokrat (8,3%), PKS (7,9%) dan PAN (4,2%).

Persaingan ketat terjadi saat menghitung penentuan perolehan kursi ke-8. Partai Nasdem dan PDIP hanya berselisih 0,1% suara setelah dibagi bilangan pembagi ganjil.

" Karena sesuai perhitungan, Nasdem memiliki angka 4,0% sedangkan PDIP di angka 3,9%, maka kursi ke-8 di Dapil 4 ini diprediksi diambil oleh Nasdem. Sehingga Nasdem akan melenggang dengan 3 kursi di DPRD Kuningan pada Pemilu 2019 ini, " terang Tio.

(Nars)


No comments

Powered by Blogger.