PILEG DPRD KUNINGAN DAPIL 2, PARTAI AMANAT NASIONAL DIPREDIKSI UNGGUL


KUNINGAN - Para Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Daerah Pemilihan 2 Kuningan, yang meliputi Kecamatan Pasawahan, Pancalang, Mandirancan, Cilimus, Jalaksana, dan Cigandamekar, boleh berbesar hati. 


Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Jamparing Research Kuningan terkait pelaksanaan Pileg 2019 di Dapil 2 Kabupaten Kuningan, dari 1 hingga 10 Maret 2019, PAN diprediksi mengungguli parpol lainnya dengan perolehan 20,0 % suara.

Sementara parpol lainnya yang diprediksi mendapatkan kursi, membuntuti PAN, berdasarkan hasil survey JR di Dapil 2, adalah PKB (15,7%), PPP (9,7%), PDIP (9,0%), Demokrat (7,0%), PKS (6,3%), Gerindra (4,0%), dan Golkar (4,0%).

Jubir JR, Tio Heriyana, di depan awak media menyampaikan bahwa berdasarkan prosentase perolehan suara hasil survey pihaknya, setelah dihitung dengan menggunakan metode Sainte Lague, didapatkan prediksi alokasi kursi yang didapatkan masing-masing parpol untuk DPRD Kuningan di Dapil 2.

" Simulasi perolehan kursi DPRD Kuningan, untuk masing-masing parpol di Dapil 2 adalah PAN (3 kursi), PKB dan PPP (masing-masing 2 kursi), PDIP, Demokrat, PKS, Gerindra dan Golkar (masing-masing 1 kursi). Dengan kuota kursi Dapil 2 sebanyak 12 kursi, " papar Tio.


Untuk diketahui, Metode Sainte Lague adalah nilai rata-rata tertinggi yang digunakan untuk menentukan jumlah kursi yang telah dimenangkan dalam suatu pemilihan umum. 

" Metode penarikan sample yang kami terapkan, adalah Multistage Random Sampling dengan margin of error 2.9 %. Pengumpulan data dengan cara wawancara, tatap muka dengan 1.200 responden seluruh Kuningan, menggunakan kuisioner berbasis alat peraga specimen surat suara, " ujarnya.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.