Header Ads

PUNCAK HARI AIR SEDUNIA, PEMPROV JABAR AKAN REVITALISASI WADUK DARMA



KUNINGAN - Puncak peringatan Hari Air Sedunia tingkat Provinsi Jawa Barat dipusatkan di lokasi Obyek Wisata Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Jum'at (29/03/2019).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menghadiri agenda tersebut mengungkapkan bahwa Pemprov Jabar mencanangkan agar air di wilayahnya bisa menjadi multifungsi. Air, menurut Emil, sapaannya, tidak hanya memiliki fungsi dasar, melainkan ada fungsi lainnya sesuai dengan kewajaran.

Ia juga mengatakan bahwa Pemprov Jabar akan membangun 100 unit Embung untuk memenuhi kebutuhan warga Jabar dengan berbagai keperluannya, seperti MCK, industri, pariwisata, perikanan dan kebudayaan.


Dalam kesempatan tersebut juga, Pemprov Jabar, menurut Emil, telah memutuskan untuk melaksanakan revitalisasi Waduk Darma sebagai destinasi wisata berlevel Internasional di Jawa Barat.

" Ini akan menjadi kebanggaan tidak hanya untuk warga Kuningan, tetapi untuk warga Jawa Barat. Tentunya pelaksanaanya akan berjalan berkelanjutan, tidak akan selesai dalam satu tahun, " terang Emil didampingi Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Selain akan menata berbagai wahana dan fasilitas di OW kebanggaan warga Kuningan tersebut, Pemprov Jabar, imbuhnya, akan menata juga dari segi kebudayaan, perekonomian berbentuk pasar yang representatif dan tersedianya berbagai tempat kuliner.

Rencana revitalisasi akan dimulai Bulan Juni 2019 dan untuk pembangunan tahap pertama, Pemprov Jabar telah menganggarkan biaya sebesar Rp 60 Miliar.

Sementara, Bupati Acep mengaku sangat menyambut baik rencana Pemprov Jabar untuk merevitalisasi Waduk Darma. Menurutnya, Waduk Darma sebagai Icon wisata di Kabupaten Kuningan sudah waktunya dibangun sehingga Kuningan bisa menjadi juara dari segi pariwisatanya di Jawa Barat.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.