Headline

WARGA LEGOKHERANG DIBERI WAWASAN KESIAPSIAGAAN BENCANA


KUNINGAN - Dalam rangkaian Giat TMMD ke 104 di lingkup Kodim 0615/Kuningan, warga Desa Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan diberi penyuluhan seputar kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.

Giat penyuluhan dilaksanakan Jum'at (01/03) pekan kemarin dengan melibatkan tim penyuluh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan bertempat di Aula Kantor Desa Legokherang.


Perwira pengawas kegiatan, yang juga Danramil 1502/Kadugede, Kapten Arh Rasyidin, kepada kuninganreligi.com memaparkan bahwa penyuluhan kebencanaan tersebut sangat penting diberikan kepada warga Legokherang, mengingat dalam beberapa waktu terakhir, di sekitar desa tersebut rawan terjadi bencana alam, terutama bencana longsor.

" Materinya yang disampaikan seputar pengenalan tentang bencana, apa itu bencana, jenis-jenis bencana, konsep kejadian bencana dan pemberitahuan kejadian bencana di daerah, " terang Kapten Arh Rasyidin.

Kemudian Ia menambahkan, materi lainnya adalah analisis bencana di Kabupaten Kuningan, penyelenggaraan penanggulangan bencana, cara mengenali bencana serta mengurangi resikonya, juga tugas dan fungsi relawan dalam penanggulangan bencana.

" Diharapkan melalui penyuluhan tersebut masyarakat akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya desa Legokherang, " ujarnya.

Agenda penyuluhan diisi oleh narasumber Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD  Heru Hermawan S.Sos, dan dihadiri Danramil 1502/ Kadugede, Kapten Arh Rasyidin, selaku perwira pengawas, Kepala Desa Legokherang, aparatur desa setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur pemuda. (Nars)

No comments