Header Ads

Bupati Kuningan Harapkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 di Atas 70%


KUNINGAN - Bupati Kuningan, H Acep Purnama, mengharapkan warga Kuningan bisa berpartisipasi dalam pemungutan suara Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan tanggal 17 April nanti. Pemilu 2019, menurutnya, merupakan sebuah agenda demokrasi yang harus menjadi perhatian bersama untuk menentukan nasib bangsa ke depan.

Pihaknya mengapresiasi prestasi KPU Kuningan dalam Pilkada 2018 lalu yang telah mencatatkan tingkat partisipasi pemilih terbesar di Jawa Barat. Ia mengatakan, target KPU saat Pilkada 2018 adalah 77%, dan bisa tercapai di atas 71%, itu merupakan prestasi yang membanggakan.



Bupati berharap dalam Pemilu 2019, tingginya tingkat partisipasi pemilih bisa dipertahankan, bahkan mungkin ditingkatkan.

" Besarnya tingkat partisipasi pemilih merupakan ukuran suksesnya Pemilu di satu daerah dan juga tingginya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan hak-hak demokrasinya, " ungkap Bupati Acep saat menyaksikan kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S) yang dilaksanakan KPU Kuningan di Desa / Kecamatan Garawangi, Rabu (03/04/2019).

Dengan kegiatan simulasi, Bupati mengharapkan akan terwujud Pemilu yang berkualitas di Kabupaten Kuningan. 

Berbicara terkait proses simulasi, Acep menilai merupakan sebuah edukasi untuk warga agar bisa lebih mengetahui perbedaan setiap jenis surat suara yang akan diterima saat pemungutan suara Pemilu 2019 nanti. 



" Sosialisasi tentang perbedaan jenis surat suara ini menjadi tugas semua pihak, tak terkecuali partai politik, " ujarnya.

Dengan kegiatan simulasi juga, imbuh Acep, akan menjadi ukuran sejauhmana kesiapan penyelenggara termasuk pemerintah daerah, dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat Pemilu sebenarnya dilaksanakan.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.