Header Ads

Dapat Nilai 3,3807, Kabupaten Kuningan Terbaik Ke-5 Tingkat Nasional


KUNINGAN -  Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah kembali dinilai oleh pemerintah pusat dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXIII, Tahun 2019. Dalam peringatan HOD yang dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis (25/04/2019) itu, Kabupaten Kuningan kembali mempertahankan prestasinya di tingkat nasional dalam bidang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) untuk tahun 2017.

Penghargaan atas prestasi tersebut, langsung diterima Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH, dari Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo. Kuningan memperoleh nilai 3,3807 dan berada pada peringkat ke-5 tingkat nasional di bawah Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan, Karanganyar dan Kabupaten Banyuwangi.


Sementara, untuk wilayah Jawa Barat Kabupaten Kuningan merupakan satu-satunya kabupaten yang berada di peringkat 5 besar secara nasional.

Acep berkesempatan maju sebagai penerima simbolis bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzahnul ulum, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Bupati Sidoarjo, Pasuruan, Karanganyar, sebagai penerima simbolis penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar penilaian pada 700 indikator yang telah ditetapkan oleh pemerintah, selain evaluasi kinerja dan penyelenggaraan pemerintah juga merupakan akumulasi dari prestasi serta keberhasilan lainnya. Kabupaten Kuningan sendiri pada tahun 2019 ini telah mendapatkan nilai maturitas SPIP dan kapabilitas APIP level 3, opini WTP 4 tahun, serta mendapat nilai sangat memuaskan dari KPK-RI terhadap komitmen rencana aksi daerah pencegahan pemberantasan korupsi. 

Selain telah menerima penghargaan kinerja tertinggi dalam penyelengaraan pemerintah daerah, Kabupaten Kuningan dijadwalkan akan menerima Parasamnya Purna Karya Nugraha karena telah 4 kali berturut-turut menerima penghargaan tersebut, dan akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Seusai menerima penghargaan tersebut Acep sapaan akrab Bupati yang terlihat begitu bahagia karena Kabupaten Kuningan bisa mempertahankan anugerah tersebut sebagai Kabupaten dengan kinerja tertinggi tingkat nasional. Acep hadir didampingi Kabag Tata Pemerintahan Drs. Dudi Fahrudin, M.Si, Kabag Humas DR. Wahyu Hidayah, M.Si, Kabag Umum Guruh I. Zulkarnaen, S.Stp, M.Si, Camat Saleh ruhiyat, Dian Fenti Asmara dan Camat Beni Prihayatno.

Lebih lanjut Acep manyampaikan terima kasih kepada semua pihak, DPRD, SKPD, para camat dan seluruh perangkat Daerah Kabupaten Kuningan yang telah bekerja dengan baik sebagai pelayan masyarakat sehingga penghargaan ini dapat diraih oleh Kabupaten Kuningan.

“ Terima kasih saya ucapkan kepada DPRD, SKPD serta para camat dan seluruh jajaran aparatur Kabupaten Kuningan yang telah bekerja dengan baik sehingga kinerja baik kita diakui oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendagri. Kita patut berbangga, di Jawa Barat hanya Kabupaten Kuningan yang mendapatkan penghargaan ini, " tutup Acep. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.