Headline

KPU Kuningan Bakar 8.203 Surat Suara Malam Ini


KUNINGAN - Sebanyak 8.203 lembar surat suara dari lima (5) jenis surat suara Pilpres dan Pemilu Legislatif 2019 akan dimusnahkan KPU Kabupaten Kuningan, Selasa (16/04/2019) malam ini, di halaman Kantor KPU Kuningan, Jalan Jendral Sudirman.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, kepada kuninganreligi.com menuturkan bahwa pemusnahan ribuan surat suara dilakukan mengingat surat suara tersebut telah dinyatakan tidak layak untuk digunakan dalam Pemilu Serentak besok.


" Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1266/HK.03.Kpt/07/KPU/X/2018 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik Pemilu, bahwa untuk pemusnahan surat suara rusak, cacat dan atau berlebih dilakukan sebelum hari pemungutan suara, maka Kami akan memusnahkan sejumlah surat suara yang telah ditetapkan tidak layak tersebut, malam ini, " terangnya.

Asfa menjelaskan, pemusnahan ribuan surat suara tersebut akan dilakukan dengan cara dibakar. Sebelum dibakar, ribuan surat suara itu sudah melalui penyortiran. Dari hasil sortir yang dilakukan saat pelipatan, surat suara yang dinyatakan rusak langsung diamankan untuk dimusnahkan.

Beberapa bentuk kerusakan yang ditemukan, seperti surat suara sobek, hasil cetakan buram, dan lain sebagainya.

Asfa menambahkan, salah satu tujuan pembakaran surat suara yang dinyatakan tidak layak, di antaranya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 


Adapun rincian jumlah surat suara yang tidak layak dan akan dimusnahkan malam ini adalah sebanyak 1.029 surat suara Pilpres, 548 surat suara Pemilihan Anggota DPD Jawa Barat, 1.010 surat suara Pileg DPR RI Dapil Jabar X, 1.727 surat suara Pileg DPRD Provinsi Dapil Jabar XIII.

Selanjutnya sebanyak 3.889 surat suara untuk Pileg DPRD Kabupaten yang terdiri dari 242 lembar (Dapil 1), 434 lembar (Dapil 2), 2.758 lembar (Dapil 3), 337 lembar (Dapil 4) dan 118 lembar (Dapil 5).

Terkait penyebaran logistik di H-1 Pemilu 2019, Asfa menegaskan bahwa distribusi logistik ke tiap PPK telah sebagian besar rampung dilaksanakan. Bahkan, menurutnya, malam ini logistik sudah sampai ke PPS masing-masing. (Nars)

No comments