Header Ads

Salah Unggah Foto C1, KPU Kuningan: Sudah Dikoreksi, Nunggu Verifikasi Pusat


KUNINGAN - Kesalahan mengunggah data di web real count KPU rupanya terjadi juga di data Kabupaten Kuningan. Jum'at (19/04/219) siang, salah seorang netizen media sosial Facebook, dengan akun Asep Cib's mencoba mengingatkan KPU Kuningan agar bisa memperbaikinya.

" Kpu Kabupaten Kuningan di web https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ TPS 4 Desa Bungurberes Kec. Cilebak Form C1 yg diupload tdk sesuai, mohon segera dikoreksi agar tidak menimbulkan fitnah....terima kasih, " demikian ungkap Asep di postingan beranda akun FB miliknya.


Kesalahan entri data tersebut, setelah kuninganreligi.com mencoba membuka link yang disebutkan, terdapat dalam lampiran foto formulir C1/PPWP. Angka penghitungan suara yang dimasukkan adalah dari TPS 4 Desa Bungurberes, Kecamatan Cilebak, namun, untuk lampiran foto C1 bukan dari TPS terebut, melainkan dari TPS 5 Desa Patala, Kecamatan Cilebak.

Otomatis, saat melihat angka perolehan suara dalam foto C1 yang dilampirkan tersebut, baik untuk Pasangan Capres 01 maupun 02, jelas sangat berbeda dengan data yang dimasukkan di atasnya.

Untuk data angka yang dimasukkan, TPS 4 Desa Bungurberes, Capres nomor urut 01 memperoleh 113 suara dan Capres nomor urut 02 memperoleh 51 suara. Sedangkan dalam C1 yang dilampirkan - dari TPS 5 Desa Patala -, untuk Capres nomor urut 01 memperoleh 51 suara dan Capres nomor urut 02 memperoleh 47 suara.

Hingga Sabtu (20/04/2019) pukul 01:00 WIB, di web tersebut, kesalahan tersebut terlihat masih belum ada perbaikan. Ketika kuninganreligi.com menghubungi pihak KPU Kuningan, mendapat respon dari Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Maman Sulaeman.

Menurut Maman, kesalahan tersebut sudah dikoreksi oleh pihak KPU Kuningan. Perihal masih belum ada perubahan data hingga Sabtu dini hari, Ia mengatakan bahwa perlu menunggu verifikasi dari pusat.

" Permohonan sudah disampaikan, menungu verifikasi pusat, " jawabnya singkat.



Sementara, untuk perolehan prosentase suara sementara Pilpres 2019 di Kabupaten Kuningan sesuai data yang ada pada Situng KPU tersebut, untuk Capres 01 mendapat 40,32% suara, sedangkan untuk Capres 02 memperoleh 59,68% suara.

Data yang masuk dari Kabupaten Kuningan ini baru 114 dari 3566 TPS (3,19686%), dari 6 Kecamatan, yakni Kecamatan Cilebak, Hantara, Pancalang, Kramatmulya, Cidahu dan Jalaksana.
(Nars).

No comments

Powered by Blogger.