Header Ads

Hutan Gunung Ciremai Terbakar, TNGC Tutup Semua Jalur Pendakian


KUNINGAN - Kebakaran Hutan di lereng Gunung Ciremai kembali terjadi, Rabu (07/08/2019). Lokasinya berada di sekitar Blok Gua walet dekat Puncak Gunung Ciremai, atau tepatnya di koordinat 6°53'54.84" S, 108°24'11.15".

Menurut laporan Pusdalops BPBD Kuningan yang diterima kuninganreligi.com, kebakaran hutan tersebut terjadi sekira pukul 13:00 WIB. Kepulan asap membumbung tinggi dari daerah Argalingga, di sisi Ciremai yang masuk wilayah Kabupaten Majalengka.


Akibat kebakaran tersebut, BPBD melakukan koordinasi untuk memantau di jalur pendakian sekaligus mengevakuasi semua pendaki di tiga jalur, yakni Apuy, Palutungan dan Linggajati.

Sementara petugas gabungan dari Balai TNGC, MPA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan dan Majalengka serta unsur pemerintahan dan masyarakat terus bergerak menuju lokasi titik api untuk mengupayakan pemadaman dan pemantauan api.

Terpisah, Balai TNGC, telah mengeluarkan pengumuman tentang penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan.

Mulai Rabu (07/08/2019), 4 (empat) jalur pendakian, diantaranya Apuy (Majalengka), Palutungan (Kuningan), Linggajati (Kuningan) dan Linggasana (Kuningan) ditutup untuk pendakian hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Bagi pendaki yang sudah melakukan booking online, dapat konfirmasi  kepada pengelola untuk dilakukan pengembalian dengan melampirkan bukti booking dan transfer," terang Kepala BTNGC dalam pengumumannya.

Hingga berita ini diterbitkan, petugas masih berada di sekitar lokasi kebakaran untuk penanganan. Sementara, luasan lahan hutan yang terbakar, masih belum diketahui. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.