Header Ads

Kabakaran Lahan Dekat Kandang Ayam di Kalimanggis



KUNINGAN - Musim kemarau dengan kecepatan angin tinggi memicu kerawanan kebakaran lahan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Seperti yang terjadi di lahan milik salah seorang pengusaha, H Dudung, yang terletak di Blok Ciluwuk Dusun Kaliwon Desa/Kecamatan Kalimanggis.

Lahan kebun seluas 2,5 Ha tersebut, terbakar pada Rabu (07/08/2019) pagi. Meski hanya sekira 300 meter persegi luas lahan yang hangus, namun kejadian tersebut sempat merepotkan petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan saat memadamkan api bersama warga.


Pasalnya, di sebelah utara lahan tersebut langsung berbatasan dengan lokasi kandang ayam yang masih dimiliki H Dudung.

Kejadian kebakaran pertama kali dilihat seorang karyawan AS Putra, Gilang. Ia melihat sumber titik api berasal dari lahan yang berada di sebelah selatan. Diduga api berasal dari pembakaran lahan milik warga, yang kemudian semakin meluas.

Beruntung,  dua puluh menit setelah titik api terlihat, UPT Damkar Satpol PP Kuningan langsung menerjunkan 1 unit kendaraan damkar dan 4 petugas ke lokasi.

Akhirnya, api yang hampir merambat ke belakang kandang ayam itu, berhasil dipadamkan dengan cepat oleh petugas. 

Plt Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi Mufti, menerangkan pihaknya masih mengkalkulasi berapa kerugian dari kejadian kebakaran lahan tersebut. Dilaporkan juga, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa itu.

"Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat, agar jangan membakar sampah di sembarang tempat, dan atau membakar untuk membuka lahan," himbau Khadafi.

Musim kemarau yang membuat tumbuhan di sebagian lahan menjadi kering, dengan terpaan angin, imbuhnya, sangat rentan menimbulkan kebakaran jika dipicu adanya sumber api.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.