Header Ads

Ahad Pagi ke CFD, Ada Babarit di Depan Pendopo


KUNINGAN - Pelaksanaan Car Free Day (CFD) pada Ahad (08/09/2019) akan berlangsung meriah. Pasalnya tepat di depan Kantor Bupati Kuningan, akan digelar pesta Babarit dalam rangka Hari Jadi ke-521 Kuningan.

Babarit merupakan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Kuningan yang dikenal sebagai masyarakat agraris dalam rangka mensyukuri atas hasil panen yang didapatkan dari pertanian. 

Selain itu, Budaya Babarit yang hingga kini dilestarikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, adalah sebagai sarana memohon pertolongan kepada Allah SWT agar lahan pertanian tetap subur dan ketersediaan air tetap terjaga.



Dalam prosesinya, babarit diisi dengan berbagai tampilan tradisi budaya dan juga do'a bersama dari ribuan warga Kuningan yang berkumpul. 

Di penghujun acara, masyarakat biasa memperebutkan tumpeng raksasa(nasi kuning berbentuk gunung) dengan aneka lauk, sayuran dan buah-buahan yang disediakan panitia. Warga bercengkrama menikmati makanan yang mereka dapatkan, dan sebagian sayuran bisa dibawa pulang.

Kearifan lokal Babarit, selain sebagai tradisi masyarakat, juga merupakan sebuah wahana daya tarik pariwisata khas yang dimiliki Kabupaten Kuningan. Babarit rutin dilaksanakan setiap memperingati Hari Jadi Kuningan.

Jadi, jangan lupa, yang akan datang ke CFD Ahad (08/09/2019), segera merapat ke depan Pendopo Pemkab Kuningan, untuk menyaksikan bagaimana kemeriahan Babarit yang dilaksanakan tahun ini. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.