Header Ads

Resmi Beroperasi, Pabrik Pulpen PT Zebra Asaba Industries Kini Berpusat di Kuningan Jawa Barat


KUNINGAN - Bupati Kuningan, Acep Purnama, secara resmi membuka beroperasinya pabrik pulpen ternama di Indonesia, PT Zebra Asaba Industries (ZAI), pada Rabu (04/09/2019) di Desa Caracas, Kecamatan Cilimus.

Persemian beroperasinya pabrik pembuatan pulpen tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari sambutan dua pemegang saham, sambutan bupati, penampilan tari dan musik dari Sanggar Lokananta, santunan anak yatim dari warga sekitar, hingga penyerahan secara simbolis bibit pohon.



Selain Acep, nampak hadir dalam barisan kursi undangan, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar beserta para kepala SKPD di lingkup Pemkab Kuningan. Juga hadir, dua pemegang saham terbesat PT ZAI, Shinichi Ishikawa dari Jepang dan Stephen Angsono dari Indonesia, Presdir PT ZAI Taro Ishikawa, Vice President Direktur, Katsuhiko Ikegami, para tamu undangan dan kolega dari luar negeri, serta kepala desa dan warga Desa Caracas.

Bupati Acep, dalam sambutannya mengatakan pihaknya menyambut baik atas dipilihnya Kuningan sebagai lokasi pusat pabrik pulpen berkualitas Internasional tersebut.

"Saat meminta ijin mendirikan pabrik, Kami memberi syarat agar keberadaan pabrik harus ramah lingkungan, dengan tidak menghasilkan limbah berbahaya bagi lingkungan, karena Kuningan sudah dideklarasikan sebagai Kabupaten Konservasi," kata Acep.

Ia juga mensyaratkan kepada pihak pabrik agar merekrut sebagian pekerjanya dari warga Kabupaten Kuningan, dan pihak PT ZAI pun menyetujuinya.

"Saya juga apresiasi dengan manajemen pabrik yang sangat terbuka dan taat pada aturan yang kita terapkan. Mudah-mudahaan ini menjadi contoh bagi industri lain yang akan berinvestasi di Kuningan," ujarnya.

Di samping konsen pada produksi, PT ZAI ucap bupati, juga sangat konsen terhadap kelestarian lingkungan. Termasuk kegiatan yang telah dilaksanakan adalah penanaman tanaman mangrove di pesisir Cirebon, dan sebanyak 1117 benih pohon juga akan ditanam di OW Kebun Raya Kuningan. 

Menurut Bagian Personalia PT ZAI, Andryan Alimudin, pabrik pulpen Zebra sebenarnya sudah beroperasi sejak Bulan Desember 2018. Namun secara resmi, beroperasinya pabrik PT ZAI ini dilakukan dalam agenda grand opening ceremony, pada Rabu (04/09) siang.

Sesuai komitmennya, PT ZAI sendiri, memperkerjakan hampir 90 persen karyawan dari warga Kuningan, Jabar. Jumlah karyawannya hingga saat ini adalah sebanyak 530 orang.

"Dengan kapasitas produksi 10 juta ballpoint per bulan, produk PT ZAI ini sebagian dipasarkan di Indonesia dan juga telah dipakai di beberapa negara di dunia, termasuk di Amerika Serikat," terang Andryan.

Sebelumnya, PT ZAI berpusat di DKI Jakarta, sejak tahun 1994, namun mulai tahun 2018, pabrik pulpen milik orang Jepang dan Indonesia ini, dipusatkan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan luas lahan 4 hektare.

Setelah acara grand opening, Bupati dan rombongan undangan dipersilakan melihat-lihat proses produksi di dalam pabrik dalam sebuah factory Tour. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.