17 Pejabat Kuningan Lolos Seleksi Awal Diklatpim II



KUNINGAN.- Sebanyak 17 orang pejabat di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan telah mengikuti seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II, di Jakarta, selama dua hari, dan dinyatakan lulus pada tahap seleksi hari pertama. 

Sementara hasil seleksi hari kedua akan diumumkan dengan diserahkan langsung hasilnya oleh Lembaga Administrasi Negara ke Pejabat Pembina Kepegawaian dalam tempo 30 hari kerja kedepan.



17 orang pejabat tersebut yaitu Dr. Wahyu Hidayah, Toni Kusumanto, 
U. Kusmana, Dr. H.M Budi Alimudin, Hj. Susi Lusiyanti, Indra Bayu Permana, H. M. Nurdijanto, Sutarno, Asikin, Apep Kusmara, M. Iskandar, Lya Priliyawati, Anas, H. Akhmad Faruk, Ujang Jahidin, H. Sanusi dan M. Thofa.


Ke 17 orang tersebut, merupakan para pejabat eselon III yang bekerja di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, mulai dari Kepala Bagian di Setda Kuningan, Sekretaris Dinas, Camat, Kabid hingga Sekretaris Kecamatan.

Kepala BKPSDM Kuningan H. Uca Somantri membenarkan bahwa ke 17 orang pejabat di lingkup Pemkab Kuningan sedang mengikuti seleksi Diklat Pim II di Jakarta. Tentunya agenda itu merupakan agenda dari Lembaga Administrasi Negara RI. 
“Itu program LAN, jadi kita ikut. Kebetulan Kuningan diberi kuota sebanyak 17 orang. 

Mereka para generasi penerus di Pemerintah Kabupaten Kuningan sehingga harus dibekali diklat, seperti sekarang mereka mengikuti seleksi Diklatpim II, jika lulus semua bisa ikut Diklatpim II nantinya,” jelas Uca kemarin.

Ditambahkan oleh H. M. Saripudin Kabid Pengembangan SDM, "Untuk mengikuti seleksi Diklatpim II melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai dari surat undangan LAN dan kita tindak lanjuti dengan surat usulan calon peserta. Kemudian LAN memanggil calon peserta disesuaikan kuota yang ada. Selanjutnya registrasi dan  seleksi administratif. Jika lolos secara administratif, baru peserta seleksi dapat mengikuti seleksi tahap pertama yaitu tes substansi dan bahasa Inggris. Selanjutnya jika lolos dalam seleksi substansi dan bahasa Inggris baru dapat mengikuti seleksi berikutnya yaitu psikotes dan wawancara".

Terpisah, Dr. Wahyu Hidayah yang juga Kabag Humas Setda Kuningan menjelaskan bahwa jumlah peserta yang ikut dalam seleksi Diklatpim II tersebut sebanyak 277 orang dan 17 diantaranya adalah para pejabat dari Pemkab Kuningan. Dan tentunya peserta dari berbagai kalangan mulai Kementerian/Lembaga, Pemprov hingga para pejabat lingkup Pemkab maupun Pemkot.


Dijelaskan Wahyu, ada empat tes dalam seleksi tersebut yang dilaluinya, diantaranya Tes Substansi Pemerintahan dan Tes Bahasa Inggris. Jika lulus kedua tes tersebut baru dilanjutkan mengikuti  Psikotes dan Wawancara.

“Alhamdulilah tes hari pertama untuk 17 orang kontingen Kabupaten Kuningan yang ikut seleksi semua lulus sehingga semuanya dapat mengikuti saringan selanjutnya yaitu psikotes dan wawancara. Namun ada 44 peserta seleksi dari Kementerian/Lembaga lain yang harus kembali dikarenakan  tidak lolos untuk ikut seleksi di hari kedua ini,” Kata Wahyu. Kamis (24/10).



Untuk hasil seleksi kumulatif, disebutkan Wahyu, hasilnya akan diumumkan langsung kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah dengan tempo 30 hari kerja paling lambat usai seleksi. 

“Ya, kita nanti tinggal tunggu hasilnya, semoga semua mendapatkan hasil yang memuaskan, Aamiin,” ujar Wahyu. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.