Ini Bocoran Enam Nama Penguji UKW di Kuningan, Salah Satunya Direktur UKW



KUNINGAN - Sebagian pembuat berita di Kuningan, tahun ini akan mengikuti lagi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas individunya dalam hal jurnalistik.

Pelaksanaan UKW yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuningan bekerjasama dengan Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ini bakal digelar pada tanggal 23-24 Oktober 2019 mendatang, bertempat di Wisma Permata kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan.



Sebagai penyelenggara, Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi SIP mengatakan bahwa pihaknya, seperti tahun sebelumnya, tetap akan menggratiskan biaya UKW ini khusus bagi wartawan liputan Kabupaten Kuningan.

“Sebagian besar peserta UKW adalah wartawan Kuningan sehingga digratiskan karena kegiatannya bekerjasama dengan Bagian Humas Setda. Kecuali jurnalis perwakilan luar daerah, dikenakan biaya,” jelasnya, Senin (21/10/2019) kepada kuningannreligi.com.

Tujuan dari pelaksanaan UKW sendiri, imbuh lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) II tingkat Jawa Barat ini,  selain berupaya meningkatkan kualitas, sebenarnya sebagai upaya nyata dalam membantu memfasilitasi dan memudahkan wartawan Kota Kuda yang benar-benar aktif untuk bisa ikut uji kompetensi tanpa harus mengeluarkan biaya serupiah pun.

Kemudian, Iyan memberi bocoran terkait nama-nama penguji yang akan hadir dalam UKW tersebut, yang jumlahnya ada 6 orang. Sesuai dengan surat keputusan penugasan Nomor : 547/PWI-P/LXXIII/2019, keenam penguji yang sudah sangat memahami Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang Pers Nomor : 40 tahun 1999 dan peraturan pers lainnya tersebut, terdiri dari H. Wawan Djuarna (Bandung), Ati Suprihatin (Bandung),  Ar Lubis (Jakarta), Rajab Ritonga (Jakarta), Widodo (Bandung) dan Sakti Sawung Umbaran (Jakarta). Serta Admin, Widiawati (Jakarta).

"Dari sederetan nama tersebut, satu diantaranya adalah Direktur UKWnya sendiri, yakni Rajab Ritonga, " sebutnya.



Mereka, kata Iyan, akan menguji wartawan media cetak, media elektronik dan media online berdasarkan elemen kompetensi wartawan. Meliputi,  kompetensi umum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan semua orang yang bekerja sebagai wartawan,  kompetensi inti atau kompetensi wartawan dalam  melaksanakan tugas-tugas umum jurnalistik. 

"Selain itu ada materi uji kompetensi khusus atau kompetensi yang dibutuhkan wartawan dalam menjalankan tugas-tugas khusus jurnalistik, " ujarnya.

Dirinya mengaku menjadi kebanggaan tersendiri karena berdasarkan surat keputusan penugasan dan konfirmasi dengan Admin Tim Penguji UKW pusat, Widiawati, bahwa salah satu pengujinya adalah Direktur UKW. Hal itu, dinilainya akan berdampak bagus bagi dunia jurnalistik di Kuningan.  (Nars)

No comments

Powered by Blogger.