Uji Kompetensi Wartawan di Kuningan Loloskan 5 Wartawan Madya dan 20 Wartawan Muda


KUNINGAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Humas Setda bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan kedua kalinya pada Rabu-Kamis (23-24/10/2019) di Aula Wisma Permata Kuningan.

Tercatat ada 29 wartawan liputan kuningan dan luar daerah yang mengikuti ajang asah kemampuan para penulis berita tersebut. Mereka adalah wartawan dari media cetak, televisi, dan online.

Dalam kegiatan tersebut, panitia mengumumkan bahwa dari hasil penilaian penguji yang didatangkan dari Jakarta dan Bandung itu, ada 5 wartawan tingkat madya dan 20 wartawan muda yang berhasil menjadi wartawan kompeten. Sisanya, diharapkan bisa mengasah lagi wawasan dan kemampuan jurnalistiknya agar bisa mengikuti UKW selanjutnya.



Salah seorang peserta UKW, Nunung Nurhasanah, saat memberikan kesan pesannya mengaku dirinya sangat terharu dan bahagia bisa mengikuti UKW 2019 ini.

" Dulu Saya pernah ikut UKW tahun 2012 dengan biaya sendiri, saat itu dilaksanakan di Cirebon dan hanya beberapa wartawan yang ikut. Sekarang, Alhamdulillah, dengan difasilitasi Pemda Kuningan yang menggratiskan wartawan Kuningan ikut UKW, saya memanfaatkan kesempatan ini," kenangnya.

Guna meningkatkan profesionalitas wartawan di Kuningan, Nunung berharap, ke depan agenda UKW ini bisa terus dilaksanakan.

Sementara, Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi, mengatakan pelaksanaan UKW dalam kepemimpinannya di PWI sudah dilaksanakan dua kali termasuk pada tahun 2019 ini. 

"Alhamdulillah, kemarin-kemarin baru ada 1 wartawan tingkat madya di Kuningan, sekarang dari hasil UKW ini bertambah 5 lagi, ini menunjukkan ada kemauan dari para jurnalis di Kuningan untuk meningkatkan kualitas mereka," sebutnya.

Di tempat sama, Ketua PWI Jabar yang diwakili Ketua Bidang Organisasinya berharap kepada para peserta UKW untuk bisa menyerap ilmu yang diberikan para penguji agar menjadikan jurnalis Kuningan lebih profesional.

Para wartawan lainnya pun, diharapkannya, agar bisa mengikuti ajang UKW ini untuk menyamakan kompetensi mereka. 



"Yang kompeten ini mereka layak menjadi mitra Pemda dalam setiap liputan kegiatan. Seperti contoh di Sumatera Barat, para wartawan yang difasilitasi untuk bisa liputan, hanyalah mereka yang berkompeten, " ujarnya.

Di lain pihak, Bupati Kuningan, yang diwakili oleh Kasubag Publikasi Bagian Humas Setda Kuningan, Acep Tisna, menandaskan bahwa pemerintah daerah akan tetap berkomitmen untuk terus menggelar UKW bagi wartawan di Kuningan ke depannya.

"Semoga sinergitas ini bisa berjalan lebih baik ke depan. Dalam profesi kita masing-masing, kita juga dituntut bisa mempertanggungjawabkan kode etik profesi dan profesionalitas masing masing, " kata Acep. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.