Di Acara Ngawangkong, Bupati Bicara Kekeringan Hingga Penghargaan


KUNINGAN - Bupati Kuningan, H Acep Purnama, bersama Forkopinda, Sekda H Dian Rachmat Yanuar, dan jajaran pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Kuningan hadir kompak dalam acara ngawangkong yang digelar Bagian Humas Setda Kuningan, Rabu (04/12/2019) kemarin di Desa Kutawaringin, Kecamatan Selajambe.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Bupati Acep menyebut bahwa kegiatan ngawangkong bisa diartikan ngobrol atau diskusi menampung aspirasi, berdialog bersama warga dalam rangka mengetahui secara langsung permasalahan yang dialami mereka.



Pemilihan lokasi kegiatan di Desa Kutawaringin yang berada di pelosok Kuningan Selatan, menurutnya sebagai bentuk rasa syukur pihaknya karena telah mendapat kesempatan membangun daerah Kuningan Selatan atas dukungan dan peran serta masyarakatnya.

" Dalam refleksi satu tahun pemerintahan Saya sebagai Bupati ini, Saya ingin melihat, memberi perhatian, mengucapkan terimakasih dan rasa syukur atas nama Pemkab Kuningan kepada masyarakat Kuningan Selatan yang telah banyak mendukung keberhasilan pembangunan, " jelas Acep.

Masih menurutnya, dalam rangka mendukung pembangunan, khususnya terkait pembangunan  pelebaran jalan dari Cipasung sampai Cilebak, masyarakat Kuningan Selatan telah dengan rela menghibahkan sebagian miliknya berupa tanah kepada Pemda. 

"Ada sejumlah 3000 bidang tanah telah dihibahkan warga tanpa minta ganti rugi atau ganti untung. Ini kesalihan sosial di jaman sekarang yang jarang bisa ditemui, karena niatan ingin maju, " ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga berbicara tentang kekeringan yang belum lama ini dialami di beberapa desa di Kuningan. Bupati  tidak memungkiri bahwa Kuningan yang konon daerah kaya akan sumberdaya air, ternyata masih ada beberapa desa yang pada saat musim kemarau ini kekurangan air.

"Maka banyak yang teriak-teriak (karena kekeringan-red), akhirnya kita kirim air menggunakan tangki-tangki. Ke depan kita harus segera merancang kegiatan untuk solusi permasalahan tersebut baik melalui PDAM maupun melalui program-program yang lainnya, " katanya.



Selain itu Acep juga menambahkan, di tahun 2019 Kabupaten Kuningan meraih 31 penghargaan baik yang diberikan oleh presiden Republik Indonesia, pihak kementerian, Gubernur Iawa Barat, dunia usaha bahkan dari organisasi massa. Berbagai penghargaan ini membuktikan bahwa kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan sejauh ini bisa diakui dan diapresiasi oleh berbagai pihak. 

Kegiatan ini dihadiri juga Dandim 0615 Letkol Czi Karter Joyi Lumi, S.IP. Sekda Kuningan Dr.Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Wakil Ketua DPRD H. Ujang Kosasih, Ketua PKK Kuningan Hj. Ika Purnama, Ketua Pemuda Pancasila, seluruh kepala desa dan BPD, MUI, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dari 4 kecamatan Selajambe, Subang, Cilebak, dan Darma, Camat se Kabupaten Kuningan dan lainnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.