Dua Desa Jalin Kerjasama Bangun Jalan Usaha Tani


KUNINGAN - Pembangunan infrastruktur pertanian menjadi daya dukung bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat petani di pedesaan. Hal itu jadi menjadi prioritas program pemerintahan desa di dua kecammatan, yakni Desa Ancaran Kecamatan Kuningan dan Desa Babakanreuma Kecamatan Sindangagung.

Dengan semangat membantu para petani dalam memangkas biaya produksi tani dan memperlancar distribusi hasil tani, pemerintahan kedua desa tersebut berhasil membuat jalan tembus usaha tani yang menghubungkan area pertanian di Blok Karangpeundeuy Desa Ancaran menuju Blok Parenca Desa Babakanreuma.



Kepada media ini, Sekretaris Desa Ancaran, Ade W Hakim, menerangkan pihaknya dengan Pemdes Babakanreuma telah membuka jalan tembus usaha tani sepanjang 150 M, yang pengerjaannya dimulai Jum'at (20/12/2019).

"Komposisi kepemilikan lahan yang dipakai jalan tembus ini adalah 80 meter milik warga Desa Ancaran dan sisanya, 70 meter adalah milik tanah bengkok Desa Babakanreuma, " jelas Ade.

Setelah terwujudnya pembuatan jalan tembus usaha tani tersebut, ujarnya, kedua Pemerintah Desa   akan berkomitmen untuk membangun dan menyelesaikan pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) sampai jalan tersebut layak untuk dilalui masyarakat tani di wilayahnya.

"Nanti untuk pembangunan JUT itu akan kami anggarkan dari Dana Desa tahun 2020, " imbuhnya.

Upaya untuk mewujudkan pembuatan jalan tembus usaha tani ini, kata Ade, dilakukan dengan pendekatan yang intens dan penuh kesabaran dengan para petani pemilik sawah.

"Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan dan peran para Kades serta aparatur kedua Desa terkait untuk melobi dan memberi pencerahan kepada pemilik sawah akan manfaat dan nilai tambah yang akan dihasilkan dari pembuatan JUT tersebut ke depan," paparnya.

Para pemilik sawah, sebutnya, secara ikhlas dan penuh kesadaran memberikan sebidang tanah sawahnya untuk dijadikan jalan tembus usaha tani itu.

Sementara, Babinsa Desa Ancaran, Pelda Edi Rosadi, yang juga menjadi motivator pembagunan Jalan Tembus Usaha Tani itu, saat dimintai keterangan, mengatakan sangat bersyukur dapat membantu masyarakat tani di wilayahnya untuk mempermudah produksi dan distribusi hasil tani mereka.

"Alhamdulillah, Saya selaku Babinsa dapat mewujudkan dan menjembatani keinginan para petani yang sudah lama ingin memiliki jalan tembus usaha tani ini. Semoga segera bisa terwujud JUT yang sangat mereka harapkan selama ini, " katanya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.