Duh, 27 Santri Cikubangmulya Keracunan Olahan Jamur


KUNINGAN - Sebanyak 27 orang santri dari Pondok Pesantren Darul Qur'an, Desa Cikubangmulya, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, keracunan, diduga akibat mengkonsumsi makanan  olahan dari jamur, pada Jum'at (31/01/2020) malam.

"Jumlah santri yang diduga keracunan sebanyak  27 Orang, laki-laki sebanyak 20 orang dan perempuan ada 7 orang. Semua korban dirawat di RS Mitra Husada Ciawigebang," demikian diterangkan Kapolsek Ciawigebang, Kompol Yayat Hidayat kepada kuninganreligi.com.



Kondisi 27 korban keracunan tersebut, imbuhnya, sudah mulai membaik. Sebelumnya mereka dirawat intensif di RS tersebut sejak masuk ruang perawatan sekira pukul 17:00 WIB.

"Keluhan para korban adalah pusing dan mual-mual. Menurut informasi dari para santri, mereka mengkonsumsi sejenis jamur yang tumbuh di  kotoran ayam yang sedianya menjadi pupuk tanaman," jelasnya.

Atas inisiatif para santri, mereka mengambil jamur tersebut dan dimasak di tungku pesantren.



"Sementara ini kami sedang mendata korban dan mengecek sisa makanan yang ada untuk diteliti  lebiih lanjut," ujar Kompol Yayat.

Sementara itu, salah seorang petugas IGD rumah sakit membenarkan bahwa para santri ini mengalami keracunan.

" Penyebab pastinya kami belum tahu karena makanan yang dikonsumsi harus diperiksa. Saat ini semua santri sudah kami tangani," ujarnya.  (Ries)

No comments

Powered by Blogger.