DKM Mesjid Baiturrahim Desa Pajambon Santuni Puluhan Anak Yatim



KUNINGAN - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Baiturrahim, Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya menggelar santunan kepada puluhan anak yatim piatu dan dhuafa. Acara yang rutin digelar setiap bulan pada minggu pertama tersebut sekaligus diisi dengan kegiatan Sholat Dhuha berjamaah yang diikuti puluhan anak-anak warga Desa Pajambon, Ahad (01/03/2020).

Selain Shalat Dhuha berjamaah rangkaian acara santunan diisi dengan muhasabah dan do'a Asmaul Husna,Tausiyah dan sholawatan. Tampak pada kesempatan tersebut Kepala Desa Pajambon, Dra Nani Ariningsih beserta puluhan santri Masjid Jami Baiturrahim ikut berbaur melantunkan sholawatan bersama ratusan santri yang didominasi siswa SD, SMP, dan SMA yang sekaligus mengisi liburan akhir pekan



Kepala Desa Pajambon, Nani Ariningsih yang dalam kesempatan itu secara simbolis memberikan langsung bantuan kepada puluhan anak yatim piatu mengatakan, pemerintahanya sangat mendukung kegiatan DKM Mesjid Baiturrahim. Menurutnya peran aktif semua elemen masyarakat untuk selalu bersama-sama peduli terhadap pendidikan agama sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, selain menciptakan masyarakat agamis, melalui kegiatan yang dilakukan DKM Baiturrahim sekaligus juga memupuk kepedulian terhadap warga kurang mampu yang ada di desanya.

"Kami dari pemerintahan desa akan terus berupaya mendukung kegiatan ini, baik moril maupun materil, harapan kami dengan kegiatan ini akan menciptakan masyarakat pajambon yang agamis dan peduli terhadap lingkungan sekitar," kata Nani

Sementara itu selain sholat Dhuha berjamaah dan doa bersama dalam kesempatan tersebut juga digelar lomba kebaikan jilid Ummi, praktek shalat berjama'ah, lomba Tahfidz Juz 28/29 untuk anak-anak SD serta santunan kepada puluhan anak yatim dan lansia. 

Bahkan menariknya, selama sudah hampir 4 tahun digelar  DKM Mesjid Jami Baiturrahim Desa Pajambon telah menghabiskan dana sebesar Rp 283.600.000, bahkan yang lebih menarik lagi tidak sepeserpun kegiatan tersebut mengambil dari kas DKM dimana kegiatan tersebut terlakasana bersumber.

"Dari sumbangan donatur, Pemerintah Desa Pajambon serta masyarakat, bahkan dana Kas DKM dimanfaatkan untuk kepentingan sarana prasarana mesjid," imbuh Nani.



Terpisah, Ketua DKM Mesjid Jami Baiturrahim, Enra Saefullah, menyebutkan respon masyarakat dalam mendukung  kegiatan bulanan di Mesjid Jami Baiturrahim tersebut sangat baik sekali, hal itu didasari banyaknya donatur yang menyumbangkan sebagian rejekinya untuk kegiatan yang sudah menjadi rutinitas DKM Mesjid Jami Baiturrahim tersebut, bahkan selain bersumber dari donatur sumber dana  diperoleh dari pemerintahan desa serta dari sumber lainya yang sifatnya tidak mengikat.

"Selain memupuk kepedulian terhadap sesama kepada generasi Desa Pajambon kegiatan rutin kami setiap bulan di minggu pertama dan Alhamdulilah respon dari masyarakat sangat baik sekali, yang intinya dari kegiatan ini selain silaturahmi, sekaligus mengambil hikmah yang bisa dipetik khususnya generasi muda Desa Pajambon untuk terus berupaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Alloh SWT, " harapnya. (Ries)

No comments

Powered by Blogger.