Kapolres: Himbauan Social Distancing, Tidak Main-Main, Pemudik Diminta Isolasi Mandiri


KUNINGAN - Aparat kepolisian Resor Kuningan tak pernah berhenti melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukumnya.  Hingga Senin (30/03/2020) dini hari,  beberapa petugas gabungan terus berjaga di enam titik posko check di pintu masuk Kabupaten Kuningan.

Hingga pukul 02:30 WIB dini hari,  ribuan warga pemudik terpantau masih berdatamgan di posko check Patung Ikan Desa Sampora Kacamatan Cilimus yang menjadi pintu masuk Kuningan dari arah utara. 



Ribuan penumpang bis dan kendaraan pemudik nampak antri menunggu giliran untuk dicek suhu tubuh dan masuk bilik penyemprotan disinfektan.

"Upaya ini akan terus kami lakukan guna memantau para pemudik dari zona merah Covid-19 ke Kuningan agar bisa diketahui kondisi kesehatan mereka," kata Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, saat ikut melakukan pengecekan kedatangan pemudik di Posko Sampora. 

Kepolisian, ditandaskan Kapolres,  tetap menekankan siaga dan waspada penyebaran Covid-19. Kondisi tersebut, imbuhnya bukan main-main,  tetapi harus diikuti keseriusan warga dalam mematuhi maklumat Kapolri dan himbauan pemerintah.

"Selama masyarakat belum ada kesadaran untuk tidak mematuhi himbauan seperti jangan berkumpul atau mengadakan kerumunan,  akan terus kami pantau,  " tegasnya. 



Pihaknya tetap meminta warga agar bisa menjalankan Social Distancing dan tidak berada di keramaian,  untuk menghindari penyebaran Covid-19. Kepada pemudik yang baru tiba di kampung halaman,  pemerintah meminta agar bisa melakukan isolasi mandiri di rumah mereka selama 2 pekan. 

Terkait berbagai pemberitaan dan informasi yang beredar mengenai Covid-19, yang tak jelas sumbernya,  Kapolres meminta Satreskrim untuk meningkatkan patroli cyber guna menekan berita hoax yang disebar pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.