Siapkan Diri Hadapi Bulan Suci, Ini Lafadz Niat Puasa Harian dan untuk Satu Bulan


KUNINGAN - Bulan Suci Ramadhan yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh Ummat Islam, tinggal menghitung hari. Jika melihat dari kalender Hijriyah yang dikeluarkan PBNU, penanggalan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah akan jatuh pada Hari Jum'at (24/04/2020).

Pada Bulan Suci Ramadhan, Ummat Islam diwajibkan untuk menjalankan Ibadah Puasa sebulan penuh. Ibadah puasa merupakan ibadah yang diwajibkan bagi seorang Muslim yang telah mempunyai cukup syarat. Adapun syarat puasa berdasarkan keterangan Alim Ulama adalah mereka yang beragama Islam,  telah baligh, menahan diri dari yang membatalkan puasa,  sehat,  dan mumayyiz (bisa membedakan yang baik dan buruk suatu hal).



Puasa ramadhan adalah puasa wajib dan merupakan Rukun Islam yang keempat. Secara khusus, perintah wajibnya puasa ramadhan ini termaktub dalam firman Allah SWT Q.S.Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa (di bulan Ramadhan) sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Adapun sebelum berpuasa,  di malam hari,  diwajibkan niat berpuasa terlebih dahulu,  karena niat puasa merupakan rukun puasa yang jika tidak dilaksanakan,  otomatis puasa yang dikerjakan tidak akan bernilai ibadah ataupun tidak syah adanya. 

Menurut beberapa keterangan yang berhasil dirangkum kuninganreligi.com, dari berbagai sumber,  niat puasa wajib dibacakan setiap malam sebelum keesokan harinya berpuasa.  Namun ada pula keterangan, yang menjelaskan niat puasa Ramadhan dibaca untuk satu bulan,  sebelum mengerjakan puasa di awal bulan. 

Berikut bacaan niat yang dibaca untuk setiap malam di Bulan Ramadhan (Niat Harian) :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ أَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Ghodin An Adaa-i, Fardhi Syahri Ramadhoona Haazihis Sanati Lil’lahi Ta’ala

Aku berniat puasa esok hari pada Bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala

Berikut bacaan niat yang dibaca untuk satu bulan di awal Bulan Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Syahri Ramadhoona Kullihi Lil’lahi Ta’ala

Aku berniat berpuasa keseluruhan pada Bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.

Di masa pandemi Covid-19 ini,  kita semua berharap agar Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kesehatan bagi kita untuk bisa menjalankan Ibadah Puasa sebulan penuh dengan khusyu.  Juga untuk mengisi malam-malam Bulan Penuh Berkah dengan Ibadah dan amalan-amalan sunnahnya.



Semoga di akhir Ramadhan nanti kita semua bisa meraih kemenangan dan ampunan dari Sang Maha Khaliq. Aamin yaa Rabbal 'Aalamiin.  (Nars/dari berbagai sumber). 

No comments

Powered by Blogger.