Dinkes Kuningan Targetkan 1000 Orang Ikut Test Swab Massal


KUNINGAN - Sebanyak 1000 warga di Kabupaten Kuningan ditargetkan mendapat kesempatan untuk ikut test swab Covid-19 massal,  yang akan digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan mulai tanggal 18 hingga 27 Juni 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kuningan, Susi Lusiyanti, kepada belasan awak media di aula Kantor Dinkes, Jalan Aruji Kartawinata, Selasa (16/06/2020).



Seraya memberikan jadwal pelaksanaan test swab massal itu,  Kadinkes Susi menyebutkan pelaksanaanya akan digelar di seluruh kecamatan, yang dirata-ratakan satu kecamatan akan mendapat jatah 149 swab.

"Pelaksanaannya 10 hari dengan target 1000 orang di seluruh kecamatan, " ujar Susi. 

Pelaksanaan test swab massal tersebut, ungkapnya, merupakan langkah lebih lanjut untuk memantau penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan, setelah beberapa kali pihaknya juga telah melakukan rapid test massal di sejumlah tempat. 

"Untuk jumlah rapid test yang telah kita laksanakan adalah sebanyak 2.992 kali,  yang digelar di sejumlah lokasi keramaian massa dan juga dilaksanakan di Labkesda,  " katanya. 

Dari alat rapid test yang sudah dikeluarkan sebanyak 3.000 unit,  sebutnya,  baru ada laporan 2.992 dengan hasil 37 orang reaktif dan 2 orang invalid.  Sisanya, yang dilaporkan non reaktif dan masih ada juga yang belum dilaporkan. 

Susi mengaku, alat rapid test itu disebarkan juga ke semua puskesmas yang ada di bawah kedinasannya. Masing-masing puskesmas menerima 5-10  alat rapid test.

Sebelum digelar swab massal,  Dinkes Kuningan juga telah melakukan sebanyak 235  kali tes PCR (polymerase chain reaction) atau tes swab. Dari ratusan test itu,  didapatkan hasil sebanyak 14 orang positif Covid-19 dan 1 orang invalid. 

Saat ini,  Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan mengklaim bahwa angka pertumbuhan kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan landai bahkan menurun. 



Meski begitu, pihaknya tetap akan berupaya agar penanganan penyebaran Covid-19 di Kuningan bisa segera masuk zona hijau.  Salah satunya adalah dengan menyediakan lagi sejumlah 1.500 alat rapid test untuk pelaksanaan rapid massal tahap berikutnya.

Selain untuk umum,  test rapid massal tahap berikutnya itu,  akan menyasar juga bagi para tenaga medis dan petugas penanganan Covid-19 Kuningan. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.