Hati-Hati Nama KSP Mekar Jaya Dicatut Penipu, Beraksi di Media Sosial FB


KUNINGAN - Pihak tidak bertanggungjawab beraksi melakukan penipuan dengan mengatasnamakan Koperasi Simpan Pinjam Mekar Jaya Kabupaten Kuningan. Penipuan tersebut dilakukan dengan menjual nama koperasi yang berkantor pusat di Kecamatan Maleber tersebut.

Aksi mereka diketahui pengurus KSP Mekar Jaya setelah akun itu berhasil mengelabui salah satu netizen. Pada Senin (22/06/2020), Manager KSP Mekar Jaya, Nana Sumarna, menerangkan kepada kuninganreligi.com bahwa pihaknya merasa dicemarkan nama baik oleh pelaku penipuan tersebut.

"Mereka membuat akun halaman di media sosial Facebook dengan nama KSP MEKAR JAYA. Kemudian di beranda akun tersebut menyebar info agar netizen tertarik untuk melakukan pinjaman secara online. Padahal kami tidak pernah membuat akun tersebut, apalagi membuka pinjaman secara online dan sejenisnya, " papar Nana melalui pesan seluler, Senin sore.

Nana menambahkan, aksi penipuan oleh pihak tak bertanggungjawb itu terdeteksi setelah ia melihat salah satu komentar dalam postingan halaman tersebut dari netizen yang merasa dikelabui.

"Dalam komentar tertanggal 07 Januari itu, seorang netizen dengan akun bernama Ratna Wati mengomentari bahwa Ia telah menransfer sejumlah uang kepada nomor rekening Bank Swasta atas nama Yopi Yunizar, namun komunikasi terputus karena nomor WA yang diblokir oleh pelaku, " paparnya.


  • Karena merasa tertipu, akhirnya netizen tersebut berkomentar pedas dalam postingan halaman yang mengatasnamakan KSP Mekar Jaya itu.

"Mereka (pelaku penipuan-red) membuat halaman FB dengan nama KSP Mekar Jaya dengan memakai foto profil dari kegiatan di Kantor UJKS Sidaraja. Kami tandaskan, halaman itu bukan kami yang membuat dan tak pernah ada produk pinjaman seperti itu yang kami lakukan, " tandas Nana.

Dalam aksinya, penipu melalui akun halaman FB itu menjual kata-kata yang menarik netizen agar bisa melakukan pinjaman dengan aturan yang mereka bikin.

"Kami sudah melaporkan akun tersebut kepada pihak kepolisian Sektor Lebakwangi, dan akan meneruskan ke Polres Kuningan agar segera ditelusuri pelakunya. Terus terang nama baik kami telah dicemarkan akibat aksi penipuan itu, " ungkapnya.

Melalui pemberitaan ini, KSP Mekar Jaya Kuningan menghimbau kepada warga Kuningan agar bilamana melihat postingan halaman FB atas nama KSP MEKAR JAYA untuk tidak menanggapinya. Karena ditandaskannya, pihaknya tidak pernah membuat akun tersebut.

"Akun itu jelas hoax, jangan pernah percaya dengan iming-iming pinjaman online mudah yang mereka tawarkan, " pungkasnya.



Sementara dari penelusuran kuninganreligi di media sosial FB, akun atas nama KSP MEKAR JAYA tersebut masih aktif dan bisa diakses. Akun halaman FB tersebut terakhir mengunggah postingan pada tanggal 13 Mei lalu.

"Butuh biaya keperluan mendesak?? kami solusinya, persyaratan mudah
tidak ribet alamat kantor resmi, minat hubungi wa 0882 9148 xxxx, " tulis akun tersebut dalam postingan terakhirnya.

Halaman tersebut, dari profilnya, dibuat pada 30 Oktober 2019, dengan jumlah pegikut sebanyak 486 orang. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.